Yamaha Lexi

Haikal, Ilustrator Mobil Tangki Menggambar Sejak Usia 3 Tahun

  Kamis, 06 Desember 2018   Fathia Uqimul Haq
Karya Haikal (24), ilustrator di tangki mobil PDAM Tirtawening. (Fathia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Pernah melihat tangki PDAM Tirtawening yang penuh warna dan ceria? Ternyata sosok yang menciptakan ilustrasi secerah itu adalah Haikal (24), seorang lelaki alumni Desain Komunikasi Visual , FSRD ITB.

Lelaki asal Kopo itu mengaku tertarik menggambar sejak usia 3 tahun. Kata ibunya, di usia 3 Haikal bisa menggambar hewan dengan jelas. Lanjut ke TK, SD, SMP, sampai SMA dia tidak pernah berhenti menggambar. 

"Jadi menggambar itu kaya udah kebiasaan aja bukan hobi lagi, aku suka gambar makanya gambar terus apapun situasi pasti gambar," ujarnya, Kamis (6/12/2018).

Setelah duduk di bangku SMA, Haikal mengetahui ada Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB. Setelah mendaftar, ia pun lulus dan resmi menjadi mahasiswa FSRD. 

AYO BACA : PDAM Tirtawening Sosialisasi Konservasi Air Untuk Siswa SD se-Bandung Raya

Dia mengaku setelah mengenyam pendidikan di ITB menjadi banyak tahu soal pekerjaan seni di Indonesia. Usai mengambil jurusan DKV, dia pun memilih ilustrasi dan animasi sebagai konsentrasinya. Sejak saat itulah Haikal menerima pekerjaan lepas sebagai ilustrator dan animator supaya gambar yang ia buat bisa menjadi tontonan audiovisual.

"Pas lulus ingin freelance, ada projek lumayan lama juga dari pas kuliah sampe lulus jadi  keenjoyan freelance sampai sekarang," katanya.

Lelaki yang dikenal dengan nama Wastana Haikal itu memiliki pengalaman berkesan dalam dunia ilustrasi. Menurutnya, berhasil menaruh gambar di tangki PDAM Tirtawening padahal baru saja lulus kuliah adalah prestasi luar biasa. Tangkinya yang berseliweran di Kota Bandung membuat ia bangga bahwa gambarnya bisa dilihat banyak orang.

"Aku juga enggak tahu siapa yang ngeidein tangki PDAM ada ilustrasinya tapi yang pasti hasil ini atas persetujuan Kang Emil," tuturnya.

AYO BACA : Guru PPKn Asal Sukabumi Raih Penghargaan Nasional

Siapa pula yang tidak mengenal penulis kondang yang bergelut di dunia fashion, Diana Rikasari. Haikal berkesempatan menggambar tokoh di buku Diana yang berjudul My Rainbow days. Juga kosmetik berkelas Kiehl's cosmetic yang mengajak Haikal untuk mengilustrasikan kemasan dengan tema peluk untuk orang utan.

Kisah Haikal juga tidak terlepas dari pengalamannya membuat ilustrasi tentang MV Dear Future Husband karya Meghan Trainor. Pada 2015 lalu, dia mengunggah karya tersebut di instagram. Tak di sangka, usai dia bangun tidur, ponselnya telah penuh dengan 5000 notifikasi. Dari ilustrasi tersebut banyak orang berkomentar, mengikuti instagramnya, dan mengunggah ulang ilustrasi tersebut. 

"Saat orang bilang Meghan ngerepost ilustrasi aku, pas aku cek instagramnya, benar dia unggah karyaku. Terus Meghan follow aku juga," ucapnya.

Dari sana, banyak orang yang menyukai karya-karya Haikal. Gambar yang berkarakter, penuh warna dan berbudaya. Dia mengaku ilustrasinya bakal memasukkan budaya Indonesia di hasil karya, sedikit atau banyak. Sehingga budaya Indonesia jadi elemen dasar untuk kemudian disempurnakan dan dimodernisasi. 

"Dari pemilihan warna sukanya warna kehijauan,ungu yang kontras, terus dekoratif, penuh dengan kaitan, beberapa ada yang dianimasiin juga jadi bentuk audiovisual," kata dia.

AYO BACA : Begini Rahasia Barry Prima Tetap Bugar di Usia Senja

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar