Yamaha Mio S

Tahun Politik, Bawaslu Ingatkan Hal Ini Kepada Sopir Angkutan Umum

  Rabu, 05 Desember 2018   Mildan Abdalloh
(Attia/Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung, mengingatkan Sopir angkutan umum tidak terbujuk oleh Calon anggota legislatif dan Capres untuk memasang alat peraga di dalam angkutannya.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia mengatakan, ditahun politik seperti saat ini, sudah menjadi kebiasaan banyak caleg atau capres memasang alat peragan kampanye dan bahan kampanye di dalam angkutan umum.

AYO BACA : Bawaslu Kabupaten Bandung Ingatkan Kades dan ASN Netral

Alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang dipasang di dalam angkutan, kata Hedi biasanya berbentuk stiker pelbagai ukuran yang ditempel di kaca.

"Sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu RI, peserta pemilu, pelaksana kampanye dan tim kampanye dilarang memasang stiker atau branding yang memuat citra diri, identitas ciri-ciri khusus atau karakteristik peserta pemilu pada kendaraan transportasi umum dan kendaraan milik pemerintah," tutur Hedi, Rabu (5/12/2018).

AYO BACA : Baru 3 Partai di Kabupaten Bandung yang Menyerahkan Susunan Tim Kampanye

Namun di lapangan, lanjut Hedi banyak sopir angkutan umum yang terkena bujuk rayu Caleg atau Capres untuk memasang alat peraga.

"Kami imbau agar Sopir angkutan untuk tidak menerima tawaran memasang alat peraga kampanye atau bahan kampanye di kendaraannya," imbaunya.

Bawaslu Kabupaten Bandung bersama Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Polisi Lalu Lintas Polres Bandung telah melakukan penertiban terhadap sejumlah alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang ditempel di angkutan umum.

Hedi mencontohkan, di Kecamatan Dayeuhkolot, kemarin pihaknya metertibkan 35 lembar alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang terdiri dari dua stiker berukuran besar yang dipasang di kaca angkutan belakang dan sisanya stiker ukuran kecil yang ditempel di pintu.

"Kami akan terus melakukan penertiban denhgan melihat perkembangan di lapangan," pungkasnya.

AYO BACA : Persiapan Pileg dan Pilpres, Bawaslu Minta Ini Dipenuhi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar