Yamaha Aerox

Pemprov Jabar Akan Kucurkan Anggaran Rp100 M untuk Citarum

  Rabu, 05 Desember 2018   Mildan Abdalloh
Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil (ayobandung.com)

MARGAASIH, AYOBANDUNG.COM-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengucurkan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk program Citarum Harum.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, anggaran untuk program Citarum Harum tersebut akan dikucurkan pada 2019.

Anggaran sebesar Rp100 miliar dari Pemprov jabar untuk Program Citarum Harum, dialokasikan untuk menunjang Satgas Citarum harum melakukan normalisasi sungai.

"Untuk membeli mesin-mesin insinerator, foton-foton ekskavator, dan lain sebagainya untuk pengerukan Sungai Citarum," tutur Ridwan Kamil di Jalan Inspeksi RT 02/28 Cicukang, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Rabu (5/12/2018).

Gubernur yang akrab disapa Emil tersebut melanjutkan, dengan anggaran dari Pemprov Jabar Rp100 miliar ditambah anggaran dari pusat Rp640 miliar, masih dirasa kurang mencukupi.

"Harusnya minimal bisa mencapai Rp1triliun," ucapnya.

Kendati demikian, Emil optimistis penyelesaian Sungai Citarum bisa tuntas dalam lima tahun ke depan.

"Alhamdulillah progres dari hulu ke hilirnya luar biasa, oleh karena itu kita optimistis dalam lima tahunan selesai," ujarnya.

Terkait masalah masih banyaknya sampah Emil berjanji akan segera mengoperasikan motor sampah yang telah dipesannya dari Pindad dan akan segera mempraktikkannya dalam waktu dekat.

"Dan masalah diskresi bahwa pembuangan sedimentasi sungai di bantaran yang harus ada izin menteri, itu akan diselesaikan oleh level menteri. Saya kira beres dalam waktu 2 hari," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar