Yamaha Lexi

Survei: Antusiasme Masyarakat Indonesia Terhadap Harbolnas Naik 20%

  Rabu, 05 Desember 2018   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi belanja online.(Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas merupakan diselenggarakan oleh berbagai ecommerce di Indonesia setiap 12 Desember.

Layaknya Black Friday di Amerika Serikat dan Singles Day di Cina, Harbolnas merupakan kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.

Pertama Kali digelar pada 12 Desember 2012, kampanye ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja online yang aman, nyaman, dan bisa dilakukan kapan saja.

Belanja online mulai digemari masyarakat dan para pelaku ecommerce yang ikut berpartisipasi dalam Harbolnas kian bertambah. Portal diskon tanah air Cuponation menganalisa perkembangan atensi masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas selama dua tahun terakhir.

PR & Communications Manager Olivia Cuponation Olivia Adinda Putri mengatakan volume penelusuran Harbolnas 2018 di Indonesia meningkat.

Berdasarkan riset tentang jumlah penelusuran “Harbolnas” melalui Google, maka disimpulkan jumlah orang Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri tentang kampanye Harbolnas bertambah di dua tahun terakhir.

AYO BACA : Tips Mudah Cari Barang Lewat Belanja Online

“Volume penelusuran kata kunci tersebut mengalami peningkatan sebanyak 20% pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com, Rabu (5/12/2018).

Wilayah Ppemburu Diskon dan Savvy Shopper Terbanyak

Jumlah pengguna internet di Indonesia tersebar luas dari berbagai wilayah. Hal ini menimbulkan kesenjangan dimana beberapa wilayah di Indonesia memiliki popularitas penelusuran yang lebih tinggi daripada wilayah lainnya.

Jika dilihat dari data dua tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2017, kata dia, volume penelusuran Google tertinggi pada kata kunci Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) berasal dari Banten, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Menurutnya, mayoritas wilayah di Indonesia dengan penelusuran kata kunci Harbolnas terbanyak berasal dari pulau jawa. Beda halnya dengan Black Friday.

Hasil studi CupoNation sebelum mengungkapkan mayoritas wilayah di Indonesia dengan volume penelusuran kata kunci Black Friday terbanyak malah berasal luar Pulau Jawa yakni jika diurutkan Papua Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Banten, dan Sulawesi Utara.

AYO BACA : Nih, Trik Belanja saat Harbolnas

Situs yang Paling Banyak Ditelusuri di Google Selama Harbolnas

CupoNation menganalisa volume penelusuran kata kunci Harbolnas pada minggu digelarnya Harbolnas. Dari studi ini ditemukan lima situs ecommerce yang memiliki volume penelusuran tertinggi pada saat Harbolnas.

Situs ecommerce di urutan pertama dengan volume penelusuran tertinggi antara lain Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora.

Terdapat kesamaan dalam susunan peringkat empat besar ecommerce yang paling banyak dikunjungi selama Harbolnas dan Black Friday yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Tiga Festival diskon yang paling populer di Indonesia

Selain Harbolnas terdapat beberapa festival diskon lain di Indonesia seperti Black Friday, Cyber Monday, 11.11, 10.10 dan JGOS. CupoNation menganalisa festival diskon yang paling banyak ditelusuri masyarakat indonesia melalui Google. Berdasarkan hasil studi, Kampanye Cyber Sale yang paling populer adalah Harbolnas, Black Friday, 11.11, 10.10, Cyber Monday, dan JGOS

Dia mengatakan popularitas pencarian kata kunci Harbolnas didapatkan melalui Google Trends yang diambil pada periode 1 Januari 2016 sampai 31 Desember 2017.

Data dari lima situs ecommerce yang paling banyak ditelusuri saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) didapatkan dengan membandingkan 10 situs ecommerce terbaik di Indonesia.

Volume penelusuran di urutkan dari ranking tertinggi yang diambil dari Google Trends pada periode 10 Desember 2017 - 16 Desember 2017.

AYO BACA : Rayakan Harbolnas Bersama Empat Produk dari Bandung Ini!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar