Yamaha Lexi

Ekspor Yamaha Indonesia Tembus 1,5 Juta Unit

  Senin, 03 Desember 2018   Rizma Riyandi
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM Minoru Morimoto (kanan), serta Executive Vice President PT YIMM Dyonisius Beti, pada seremoni pelepasan ekspor Yamaha Indonesia, di Jakarta, Senin (3/12/18). (Dokumen PT YMMI)
JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Kinerja ekspor sepeda motor yang diproduksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mencapai 1,5 juta unit. Seiring pencapaian tersebut, komitmen pabrikan sepeda motor asal Negeri Sakura ini juga terus ditingkatkan dalam berinvestasi di pasar nasional.
 
Untuk merayakan pencapaian ini, PT YIMM melakukan seremoni di pabrik Yamaha Pulo Gadung pada Senin (3/12/2018). Perayaan ini dihadiri sejumlah pejabat negara, di antaranya termasuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Perindustian, Airlangga Hartarto bahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan board of director Yamaha Indonesia serta kementerian lainnya.
 
Kami berhasil meniingkatkan 14,7 kali lipat untuk ekspor dengan kandungan lokal 94% dalam kurun empat tahun. Pencapaian ini menjadi indikasi bahwa kami berperan aktif mendukung penguatan sektor perekonomian bangsa, kata Vice President Director PT YIMM, Dyonisius Beti saat memberikan sambutan resminya.
 
Saat ini PT. YIMM secara khusus dipercaya oleh principal Yamaha Jepang  untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di Industri sepeda motor Indonesia.
 
Pada tahun 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014, dengan kandungan Lokal pada proses produksi sebesar 94% serta komposisi produksi untuk ekspor sebesar 25% dari produksi.
 
Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar 813,6 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp11,8 triliun.
 
Hal tersebut direalisasikan melalui ekspor sepeda motor jenis XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain yang di ekspor ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Prancis, dan negara-negara di Asia, Afrika serta Australia. Hal ini sekaligus menjadi bukti pengakuan dunia atas kualitas sepeda motor produksi Indonesia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar