Yamaha NMax

Melihat Keindahan 'Bunga Sakura' Surabaya

  Minggu, 02 Desember 2018   Dadi Haryadi
Bunga

Baru-baru ini Indonesia tengah di kejutkan dengan penampakan bunga ‘sakura’ yang bermekaran di sepanjang jalan Kota Surabaya. Bentuknya yang mirip dengan Sakura di Jepang membuat sepanjang jalan Kota Surabaya terlihat cantik dan asri dari bunga ‘Sakura’ yang bermekaran atau yang berguguran memenuhi jalan raya. 

Di lampir dari laman IDN Times Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memiliki ide untuk menanam bibit bunga ‘sakura’ di beberapa titik di Kota Surabaya. 

Risma memiliki ide tersebut agar Kota Surabaya terlihat lebih asri dan indah. Terlebih perawatan bunga ’sakura’ ini lebih mudah sehingga dirinya berniat untuk menambah lagi jumlah bibit bunga.

Sebenarnya tanaman yang mirip dengan sakura dari Jepang yang sedang mekar di Surabaya itu bukanlah bunga sakura yang sesungguhnya melainkan bunga tabebuia.

Bunga tabebuia ini berasal dari Brazil yang memiliki beberapa macam warna di antaranya merah muda, kuning, dan putih. Tabebuia sebelum musim kemarau seperti pohon lainnya yang dipenuhi dengan rimbunan daun. 

Tabebuia akan menegeluarkan sejumlah bunga yang indah dan cantik saat musim kemarau. Tabebuya sebenarnya tidak hanya ditanam di Kota Surabaya, tapi juga Malang, Batam, Bali, dan lainnya. 

Tabebuia ini memiliki nama asli tabebuia chrysotricha bentuknya yang seperti terompet dan bergetombol tidak heran banyak orang yang menyebutnya bunga terompet tree. 

Tabebuia ini memiliki kelebihan sendiri dibanding tanaman bunga lainnya. Tanaman bunga tabebuia memiliki batang yang kuat, akar yang tidak merusak bangunan seperti rumah dan tidak membutuhkan asupan air yang banyak namun membutuhkan cahaya matahari yang lebih. 

Karena kelebihannya itulah tanaman bunga tabebuia sangat pas untuk Negara Indonesia yang beriklim tropis. Tabebuia sangat cocok untuk di tanam di pinggir jalan trotoar atau taman perkantoran untuk tempat berteduh dari teriknya panas matahari. 

Ketahanan yang kuat dan perawatan yang sangat mudah untuk menanamkan pohon bunga tabebuia menjadi alasan Wali Kota Surabaya untuk menambah jumlah pohon tabebuia di Kota Surabaya. 

Biasanya yang ditanamkan di Indonesia lebih banyak berjenis tabebuia berwarna kuning.

Liza Zahara
Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar