Yamaha NMax

Kisah Freddie Mercury dan Selebriti Dunia dengan HIV/AIDS

  Sabtu, 01 Desember 2018   Nur Khansa Ranawati
Freddie Mercury.(Webley Park)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM---Hari pertama bulan Desember tiap tahunnya diperingati sebagai Hari HIV/AIDS sedunia. Berdasarkan data World Health Organization, pada 2017, penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia ini menewaskan hingga 940.000 orang di seluruh dunia. 

Meski demikian, tindak penangan dan pencegahan virus HIV saat ini telah jauh berkembang dibandingkan dengan saat awal virus ini merebak pada 1980-an. Pada tahun-tahun tersebut, HIV masih dipandang sebagai suatu virus 'misterius' dengan penelitian yang minim. 

Tak heran, banyak orang tewas tanpa penanganan yang maksimal saat itu, termasuk di antaranya adalah sejumlah selebriti papan atas dunia.

Ayobandung.com merangkum empat selebriti dunia yang tewas karena komplikasi HIV/AIDS : 

1. Freddie Mercury

Vokalis band legendaris Queen, Freddie Mercury, harus meregang nyawa pada 1991 di usianya ke-45 akibat penyakit pneunomia yang disebabkan oleh virus HIV di tubuhnya.

Pria kelahiran Zanzibar dengan nama asli Farrokh Bulsara ini teridentifikasi mengidap AIDS pada 1987. Saat itu, dirinya masih disibukkan oleh sejumlah kegiatan rekaman album hingga penampilan panggung lainnya, baik bersama Queen maupun solo.

Bahkan, dirinya sempat melangsungkan salah satu penampilan live  bersama penyanyi opera Montserrat Caballé di La Nit Festival Barcelona 1988. Penampilan tersebut digadang-gadang merupakan impiannya mengingat Freddie selalu ingin terlibat dalam pertunjukan musik opera.

AYO BACA : Ini Upaya Pemkab Bandung Cegah HIV/AIDS

Pria bergaya flamboyan ini memang dikenal sebagai pribadi dengan semangat hidup yang tinggi. Bersama Queen, pascadiagnosa HIV, Freddie berhasil menelurkan album Innuendo yang memuat video klip terakhir mereka, These Are The Day of Our Lives yang memperlihatkan badannya yang susut drastis dengan kerutan wajah. 

Pada 24 November 1991, Freddie meninggal dunia tepat dua hari setelah memutuskan untuk mengumumkan pada media bahwa dia mengidap AIDS.

"Untuk menanggapi dugaan-dugaan yang beredar di media massa selama dua minggu terkahir ini, saya ingin mengonfirmasi bahwa saya positif HIV dan memiliki AIDS," ungkap Freddie sebagaimana yang dimuat dalam Associated Press, 24 November 1991.

Dirinya berharap, masyarakat dapat bersama-sama memerangi virus dan penyakit HIV/AIDS.

"Meski demikian, sudah saatnya teman-teman dan para fans di seluruh dunia mengetahui kondisi yang sebenarnya, dan bersama-sama dengan saya, dokter, juga seluruh masyarakat di dunia untuk memerangi penyakit ini," jelasnya.

Kondisinya tersebut banyak dikaitkan dengan preferensi seksual queer Freddie yang beberapa kali berganti pasangan baik dengan wanita maupun pria.

2. Rock Hudson

Rock Hudson adalah aktor Hollywood kenamaan di era 1950 dan 1960, yang banyak digosipkan dengan aktris-aktris papan atas lainnya di era tersebut seperti Doris Day, Julie Andrews, hingga sahabatnya sendiri, Elizabeth Taylor. Meski demikian, hal tersebut digadang-gadang adalah tameng untuk menutupi homoseksualitasnya. Saat itu, mengaku terang-terangan sebagai homoseksual akan otomatis meredupkan karirnya di ranah hiburan.

AYO BACA : Masyarakat Didorong Periksa HIV/AIDS Sejak Dini

Dia didiagnosa mengidap komplikasi terkait AIDS pada 1985. Hudson adalah selebriti Hollywood papan atas pertama yang meninggal karena AIDS. Sahabatnya, Elizabeth Taylor setelah itu menggagas American Foundation for AIDS Research (sekarang Elizabeth Taylor AIDS Foundation) untuk mengenang sahabatnya sekaligus mencegah lebih banyak orang terjangkit penyakit serupa.

3. Eazy-E

Personel grup hip-hop asal Los Angeles, Amerika Serikat, Eazy E meninggal dunia setelah didiagnosa mengidap AIDS pada 1995. Pria dengan nama asli Eric Lynn Wright, tersebut sempat menyatakan pesan dan ungkapan hati terakhirnya.

Sebagaimana yang dikutip dari Rap Basement, Eazy E mengatakan : 

“Saya hanya merasa bahwa saya memiliki ribuan dan ribuan penggemar muda yang harus belajar mengenai apa yang nyata ketika berbicara soal AIDS. Seperti semua orang sebelum saya, saya ingin mengubah problem saya menjadi sesuatu yang baik, yang bisa menyentuh kalian semua.”

Anak laki-lakinya, Lil' Eazy E kini mengikuti jejak sang ayah menjadi musisi sekaligus aktivis HIV/AIDS.

4. Gia Marie Carangi

Model fesyen asal Amerika yang mencapai puncak karirnya pada akhir 1970-an hingga awal 80-an. Dia tewas akibat penyakit komplikasi yang ditimbulkan oleh virus HIV dalam tubuhnya. Semasa hidupnya, Carangi sukses berkali-kali menjadi model sampul majalah fesyen kenamaan, Vogue, hingga sejumlah brand internasional seperti Armani, Christian Dior, Versace, and Yves Saint Laurent.

Setelah kecanduan heroin, karir di bidang fesyen yang telah dirintisnya tersebut harus merosot. Dia meninggal pada usia muda, yakni 26 tahun, sekaligus menjadi salah satu selebriti perempuan pertama yang meninggal karena HIV.AIDS.

AYO BACA : AIDS Masih Menggerogoti Anak Bangsa

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar