Yamaha Lexi

Membudayakan Teknologi Lewat Habibie Festival

  Jumat, 30 November 2018   Nur Khansa Ranawati
Putra B.J Habibie, Ilham Habibie dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil menghadiri Habibie Festival 2018 di Telkom University, Jumat (30/11/2018). (Dok. Telkom University)

DAYEUHKOLOT, AYOBANDUNG.COM--Habibie Festival 2018 kembali dilaksanakan untuk yang kedua kalinya tahun ini. Setelah diselenggarakan di Jakarta pada September lalu, festival teknologi dan kewirausahaan era digital ini ditargetkan menggaet khalayak Bandung lewat sejumlah workshop dan pameran interaktifnya di Telkom University, Jumat (30/11/2018).

Sejumlah stand pengisi acara festival ini menghadirkan sejumlah inovasi di bidang teknologi yang boleh dicoba langsung oleh para pengunjung. Beberapa di antaranya meliputi tekonologi 3D printing, Virtual Reality, hingga games interaktif.

Tak hanya itu, rangakaian seminar bertemakan inovasi industri manufaktur dan kewirausahaan industri kreatif juga diselenggarakan dengan mengundang narasumber meliputi PT. INTI, PT. LEN, pusat riset Labtek Indie, wirausaha mebel kayu Brotherwood, YouTuber Duwi Arsana, dan sebagainya.

AYO BACA : Membangun Karier Melalui Teknologi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, turut hadir meresmikan acara yang baru pertamakali terselenggara di Bandung ini.

Dalam sambutannya, dia berniat menjadikan acara ini sebagai salah satu ajang kolaborasi antar insitusi, akademisi, masyarakat dan media untuk memajukan bangsa lewat teknologi.

"Saya pengagum Habibie yang kebetulan jadi gubernur. Sekarang saya gunakan kekuasaan ini untuk membawa perubahan. Kalau kita kompak antara pemerintah, bisnis,akademisi,masyarat dan media secara pentahelix, saya yakin akan maju dan berhasil," jelasnya.

AYO BACA : Teknologi Mikrohidro, Pembangkit Listrik Kawasan Pegunungan

Dia berharap, kolaborasi tersebut juga mampu mempercepat laju pertumbuhan Jawa Barat di berbagai sektor. "Mudah-mudahan Habibie festival ini ada dalam spirit itu (kolaborasi), Jabar sekarang maju ibaratnya dalam kecepatan 40km per jam, dan hanya bisa maju lebih cepat hingga 120km per jam bila ada pertolongan dari semuanya, insyaallah nanti tidak ada lagi ketimpangan," pungkasnya.

Sementara itu, putra B.J Habibie, Ilham Habibie, mengatakan bahwa acara ini digelar dengan tujuan membudayakan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kalau kita ajak anak untuk belajar coding atau robotik, itu tidak dilihat sebagai budaya, padahal baik teknologi ataupun musik dan seni adalah karya manusia dan itu adalah produk budaya. Ini yang ingin kita dorong," ungkapnya.

Ilham berharap, dengan mendekatkan teknologi pada masyarakat, semangat para inovator-inovator lainnya untuk berkarya dapat terpantik. "Janganlah kita hanya jadi inspirator, tapi juga harus bisa jadi implementator," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil juga sempat mencoba mobil listrik ciptaan Telkom University yang baru diresmikan Kamis (29/11/2018) lalu.

AYO BACA : Teknologi Drainblock Diharapkan Atasi Banjir

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar