Yamaha Lexi

Meski Retak, Jalur Puncak Tetap Berlaku Dua Arah

  Kamis, 29 November 2018   Husnul Khatimah
Kendaraan lokasi melintasi jalan yang sedang diperbiki akibat longsor di Riung Gunung, Desa Tugu Selatan mengalami keretakan sekira 20 meter yang terjadi sejak Rabu (28/11/2018). (Husnul Khatimah/ayobandung)

PUNCAK, AYOBANDUNG.COM--Hujan lebat yang mengguyur wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, menyebabkan badan jalan di lokasi perbaikan longsor Riung Gunung, Desa Tugu Selatan, mengalami keretakan sekira 20 meter yang terjadi sejak Rabu (28/11/2018).

Kaurbinospal Satlantas Polres Bogor Iptu Vino Lestari mengatakan, meskipun bagian jalan mengalami keretakan namun masih aman dilewati oleh kendaraan kecil dengan dua arah, baik menuju Kabupaten Cianjur maupun menuju Bogor.

Sementara itu, untuk jenis kendaraan mobil besar seperti truk dan bus belum diizinkan melintas guna mengurangi beban agar tidak terjadi kembali retakan.

"Sampai saat ini masih bisa berlaku dua arah untuk kendaraan mobil kecil tetapi untuk kendaraan besar kita alihkan ke jalur alternatif Jonggol, Cariu, Cianjur" ujar Vino kepada Ayobogor.com (Ayo Media Network) di lokasi keretakan jalan, Kamis (29/11/2018).

AYO BACA : Hujan Deras, Jalur Puncak Bogor Retak

Menurutnya, Kementerian PUPR telah melakukan pengecekan pada lokasi retakan. Hasil pengecekan menunjukkan bahwa jalan yang retak pada Rabu sore itu aman untuk dilewati kendaraan jenis mobil kecil.

"Sudah di cek. Selain hujan, keretakan itu imbas dari longsor yang terjadi pada bulan Februari lalu. Pada saat itu keretakan juga sudah ada tapi sekarang bertambah lagi dan itu hanya di permukaan saja di bawahnya masih aman," kata Vino.

Terkait perbaikan jalan yang retak, lanjutnya, akan berjalan seiring dengan pengerjaan perbaikan jalan akibat longsor yang terjadi pada Februari, karena titik keretakan berada pada posisi yang sama.

Proses pengerjaan perbaikan longsor sendiri saat ini sudah memasuki pemasangan tiang penyangga tebing yang hampir selesai. Jika sudah selesai, mobil jenis bus dan truk pun akan diizinkan kembali melintas di jalur puncak.

"Untuk penyelesaian pengerjaan itu selesai akhir Desember sejauh ini masih tahap pengerjaan dan insyaallah jika cuaca cerah bisa selesai lebih awal," kata Vino.

AYO BACA : Jalur Puncak Bogor Macet Parah, Ini Alternatifnya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar