Yamaha Lexi

Bencana Mengintai, Pemkab Bandung Tetapkan Siaga Darurat

  Jumat, 23 November 2018   Mildan Abdalloh
Banjir merendam kawasan Baleendah (ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kabupaten Bandung menetapkan status siaga darurat bencana beberapa hari lalu.

Sekretaris BPBD Kabupaten Bandung Agus Mulya mengatakan, hujan yang terus mengguyur sejak awal November menyebabkan sejumlah wilayah Kabupaten Bandung diterjang bencana.

Menurutnya, ada tiga jenis bencana yang terjadi dalam tiga pekan terakhir, yakni banjir, longsor, dan angin puting beliung.

"Setelah berkoordinasi dengan beberapa pihak, kami telah menaikkan status menjadi siaga darurat bencana banjir, longsor, dan angin puting beliung," tutur Agus, Jumat (23/11/2018).

Penetapan status siaga darurat bencana tersebut berdasarkan masukan dari BMKG dan Badan Vulkanologi, mengingat Kabupaten Bandung merupakan daerah rawan tiga bencana tersebut saat musim penghujan.

"Penetapan status siaga darurat bencana banjir, longsor, dan angin puting beliung dilakukan 14 November lalu," ungkapnya.

AYO BACA : Dua Klub Indonesia Bakal Tempati Slot di AFC Cup

Agus melanjutkan, berdasarkan pemetaan kebencanaan, ada sejumlah daerah yang menjadi titik terawan bencana. Titik rawan banjir, menurut Agus, ada dua kriteria, yakni banjir limpasan dan banjir genangan.

Banjir genangan biasa terjadi di tiga kecamatan, yakni Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang. Jika banjir melanda di tiga kecamatan ini, selalu terjadi dalam waktu lama, bahkan bisa berbulan-bulan.

"Untuk banjir limpasan, biasa terjadi di Banjaran, Pameungpeuk, Majalaya, dan Rancaekek. Biasanya dalam hitungan jam sudah surut lagi," ujarnya.

Sementara itu, titik rawan longsor berada di dataran tinggi, seperti Rancabali, Pasirjambu, Ciwidey, Kertasari, Arjasari, dan Cimenyan.

Untuk rawan puting beliung berada di Kecamatan Kutawaringin, Pameungpeuk, dan Katapang.

"Ada 54 personel yang setiap waktu bisa diturunkan saat terjadi bencana," katanya.

AYO BACA : Disduk Jamin Ketersediaan Blanko Aman

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar