Yamaha Mio S

Kenali Bambu di Kampung Bambu

  Selasa, 20 November 2018   Fathia Uqimul Haq
Sekjen Perpubi, Dudi Darma menunjukan sejumlah karya dari olahan bambu di Kampung Bambu, Selasa (20/11/2018). (Fatia Uqimul Haq/Ayobandung.com)

CIMENYAN, AYOBANDUNG.COM--Ada destinasi baru di Bandung. Namanya, Kampung Bambu di daerah Cimenyan, Kabupaten Bandung yang memberikan suasana baru dan edukasi tentang bambu.

Kawasan seluas delapan hektar ini memiliki arena outbond, kamping, panggung budaya, dan pengenalan aneka jenis bambu.

Untuk memeriahkan Kampung Bambu, pada Hari Bambu Nasional 24 November nanti, Perkumpulan Pelaku Usaha Bambu Indonesia (Perpubi) menyelenggarakan Pasar Bambu di Kampung Bambu. Akan hadir berbagai pelaku usaha yang membuat sesuatu berasal dari bambu serta kuliner lokal yang melibatkan masyarakat sekitar.

AYO BACA : Virage Awi, Olah Bambu Jadi Barang Bernilai Tinggi

Sekjen Perpubi, Dudi Darma mengatakan perhelatan ini digelar untuk memberikan edukasi serta informasi terkait bambu. "Banyak belum tahu manfaat bambu. Bambu itu bisa menggantikan kayu yang tumbuhnya lama bisa sampai 50 tahun lagi, kalau bambu jika dipotong, anak-anaknya siap tumbuh lagi," katanya,  Selasa (20/11/2018).

Bambu juga berfungsi menyerap air, mengikat lahan, dan menyejukkan udara dengan produktivitas 7 kali lipat biomassa oksigennya untuk bumi dibandingkan kayu.

Bambu Indonesia, katanya, di urutan ketiga setelah India dan China. Bambunya pun lebih premium karena berada di kawasan tropikal. Pertumbuhannya yang cepat dan berpotensi menyimpan air membuat bambu lebih baik.

AYO BACA : Uniknya Wadah dari Akar Bambu

Para pelaku usaha pun semakin kreatif untuk menginovasi bambu. Mulai dari sedotan bambu, tempat minum, jam beker, hingga ubin.

"Kegiatan ini akan menjadi acara tahunan. Ada acara Young Challenge untuk anak-anak belajar dan berkenalan dengan bambu," ujarnya.

Pasar Kampung Bambu juga menjadi wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dorongan Kementerian Pariwisata untuk membuat pasar digital juga menjadi salah satu hadirnya Pasar Kampung Bambu. 

"Kami didukung Kemenpar maka kami memiliki tagline Bamboo is wonderful," jelasnya.

Pasar Kampung Bambu akan hadir dari tanggal 24-26 November 2018. Pengunjung bisa melihat pameran produk bambu, pertunjukan kesenian, tarawangsaan, juga kecapi bambu.

AYO BACA : Berdayakan Masyarakat Lewat Olahan Bambu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar