Yamaha NMax

Mengenal UPTQ UIN Sunan Gunung Djati

  Senin, 19 November 2018   Rizma Riyandi
UPTQ UIN Sunan Gunung Djati

Siapa yang tidak kenal dengan UPTQ di kalangan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. UPTQ merupakan organisasi yang bergerak di bidang pengembangan dan pembinaan minat, bakat, dan potensi dalam bidang kequranan dan seni islami, seperti dalam Bacaan Alquran (Tilawatil Quran), Hafalan Alquran (Hifdzil Quran), Bidang Kaligrafi (Khattil Quran), Tabligh/Dakwah (Syarhil Quran), Bidang Tafsir dan Pemahaman Alquran (Fahmil Quran), Seni Qosidah dan Marawis, serta Seni Nasyid.

UPTQ selain sebagai penyelenggara MTQ, juga mengadakan pembinaan reguler dan intensif, sehingga mampu bergerak dalam upaya peningkatan terhadap pemahaman Alquran baik dari segi pembacaan, pemahaman, dan pengamalannya.

UPTQ dalam hal pengembangan bakat serta potensi para anggotanya telah mampu melahirkan para Qori dan Qoriah tingkat Nasional, Seperti Drs. K.H. Asep Mustafa Kamal, M.Ag. (Qori dan Dewan Hakim MTQ tingkat Nasional), Abdul Mujib, M.Ag (Juara MTQ antar mahasiswa se-Indonesia), Asep Ridwan Alawi (Juara MTQ Tingkat Nasional di Jambi dan Bali), dll. Juga telah melahirkan para mubaligh kondang seperti K.H. Jujun Junaedi, Cecep Maulana, Asep Sudarman, Agus Salman, dll.

UPTQ juga menjadi salah satu UKM yang paling banyak diminati oleh mahasiswa baru, dan tercatat ratusan orang yang berbondong mengikuti kegiatan UPTQ ini seperti adanya kegiatan MARIABA atau Penerimaan Anggota Mahasiswa Baru.

“UPTQ itu UKM yang sangat bagus baik dalam kegiatannya maupun dalam prestasinya. Terutama lebih bisa mendekatkan diri dengan keagamaan yang lebih baik dan itu menyenangkan,” Ujar Nurul Fida Anjani salah satu anggota UPTQ.

AYO BACA : Tim Kuasa Hukum Anak Pelaku Pengeroyokan Haringga Cabut Banding

Ahera Suwitra

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

AYO BACA : Begini Kondisi 4 Mahasiswa yang Jatuh Ke Jurang Gua di Tasikmalaya

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar