Yamaha NMax

Tak Cuma Mode, Rawtype Riot Dorong Aksi Sosial

  Selasa, 13 November 2018   Fathia Uqimul Haq
Jaket Rawtype (ayobandung.com/Fathia Uqimul Haq)

CIBEUNYING KALER, AYOBANDUNG.COM--Salah satu merek mode lokal asal Bandung, Rawtype Riot, dikenal sebagai busana berkonsep otomotif. Jaket dari Rawtype, sebuah usaha yang didirikan tahun 2017 itu, sudah dipakai oleh Joko Widodo beserta anaknya, Gibran Rakabuming. Mereka pun selalu menunggu edisi keluaran terbaru dari Rawtype. 

AYO BACA : Mengenal Jaket Rawtype Riot x Buburayamracer yang Dipakai Jokowi ke Bandung

Tidak hanya Jokowi, sejumlah selebritis pun menjadi langganan Rawtype Riot seperti  Ananda Omesh, David Naif, dan Poppy Sovia.

Setelah laris dikenal masyarakat, Rawtype Riot bergerak ke arah sosial. Pemilik Rawtype Riot Decky Sastra (30) mengaku punya kesamaan misi dengan Den Dimas buburayamracer. Den Dimas adalah seorang youtuber otomotif yang sering berkeliling Indonesia sembari berdonasi. 

"Waktu itu temen-temen lain pun pada galang dana, akhirnya kita tergerak untuk menggalang dana dari hasil penjualan jaket limited edition yang Independence Day dan buburayamracer," kata Decky, Selasa (13/11/2018).

Decky berdonasi dari hasil penjualan jaket edisi terbatas alias produk eksklusif, yaitu jaket Independence Day dan jaket kolaborasi bersama buburayamracer.

Sebanyak 17 persen dari penjualan jaket didonasikan untuk korban gempa Lombok dan Palu. Di sesi pertama, Decky menyumbangkan sekitar Rp8 juta.

"Udah dikasih sebagian dari sesi jaket 17 Agustus nyambung ke buburayamracer dikumpulin semua. Sesi 1 dikasih Rp8 jutaan kurang lebih. Dibagi dua ke Lombok lalu ke Palu," ujarnya. 

Untuk sesi kedua, Decky masih menunggu hasil dari penjualan jaket buburayamracer sampai ludes. 

Jaket edisi terbatas ala Rawtype Riot hanya dibuat 50 buah. Selain itu, setiap pelanggan akan menerima sertifikat bahwa dia telah mendonasikan sebagian dana pembeliannya untuk korban bencana.

Selain memiliki edisi khusus, lanjut Decky, jaket produksinya pun selalu detail dan memiliki sentuhan kerja seni atau artwork yang selalu hadir ketika berkolaborasi dengan siapa pun.

"Buburayamracer ini dibuat jaketnya dengan elemen motor, warna bulak-balik, ada warna hitam dan emas full bordir luar dalam. Bisa dipakai baik bagian luar dan dalamnya," ucapnya.

Usaha yang diawali modal kurang dari Rp10 juta ini telah mengantongi keuntungan lebih dari Rp100 juta per bulan. "Kiat suksesnya adalah tak berhenti berkreasi untuk segala jenis usaha apa pun," pesannya.

AYO BACA : Menikmati Variasi Sarapan di Kalpa Tree

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar