Yamaha Lexi

Sunrise Memesona di Gunung Artapela

  Selasa, 13 November 2018   Rizma Riyandi
Sunrise Mempesona di Gunung Artapela

AYO BACA : Berita Populer Selasa 13 November

AYO BACA : Perkiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini

Matahari mulai bangun dari tidurnya ditemani dengan kabut tipis yang menyelimuti gugusan Gunung-gunung yang berjejer rapi adalah hal yang bisa didapatkan di Gunung Artapela.

Gunung Artapela yang memiliki ketinggian 2194 mdpl dengan Puncak yang Bernama Puncak Sulibra merupakan gunung yang berada di Jawa Barat, tepatnya di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung yang berbatasan dengan Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Nama Gunung Artapela sendiri memiliki arti Arta (Harta/harti) Pela (bersama) Artapela (Harta Bersama) dalam arti ini merupakan suatu tempat yang sangat di jaga oleh kerajaan karena merupakan tempat yang sangat berarti menyimpan harta bersama seluruh kerajaan dan masyarakat. Artapela merupakan sebutan pada zaman dahulu yang merupakan suatu tempat/bagian dari kerajaan sebagai tempat pengumpulan harta kerajaan (negara) pada masa kabupaten Sukapura.

Dikalangan Pendaki, Gunung ini disebut sebut sebagai miniatur Gunung Prau di Jawa Tengah dikarenakan Jalur yang bersahabat bagi pendaki pemula dan Pemandangan yang bisa didapat di gunung ini sangat banyak. Dimulai dari Sunrise, Sunset, Padang Rumput di puncak Sulibra, kabut tipis, gugusan gunung yang terlihat dari puncak, dan perkebunan sayuran milik warga setempat yang berjejer rapi. Langit malam bertabur bintang dan citylight yang memanjakan mata.

Selain itu di Gunung Artapela terdapat sebuah danau seperti danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Danau Aul namanya Konon menurut warga sekitar tingkat kedalaman danau ini tidak pernah ada dasarnya. Sudah dicoba dengan menggunakan tali dengan panjang puluhan kilometer tetap tidak mencapai dasar danau. Selain itu sumber air di danau ini tidak pernah habis, pada satu ketika air danau ini disedot dengan menggunakan pompa tetapi kondisi air di danau tidak berkurang sedikitpun.

Untuk mendaki gunung Artapela dengan ketinggian 2194 Mdpl ini tidaklah mudah dilakukan. Tanjakan panjang, serta licinnya jalur pendakian menjadi tantangan tersendiri. Perlu kalian ketahui, petunjuk arah jalan tidak akan kalian temukan disini, tetapi akan diberi peta saat di pos pendakian.

Tetapi tidak perlu takut karena banyak petani juga di sekitar jalur pendakian. Nah perlu kalian catat, kenapa pendakian ke gunung Artapela Bandung ini cukup menantang karena kalian harus melewati 4 bukit dengan jalur naik turun untuk sampai ke puncak sulibra.

Untuk warga Bandung dan Para pendaki yang ingin mencoba menaklukan Gunung Artapela bisa melalui jalur via Sukapura dan Cirawa di Kertasari dan Jalur Pangalengan. Info yang beredar sekarang , Jalur Sukapura sudah diganti dengan Jalur Cirawa.

Untuk menuju Pos Sukapura atau Cirawa, Warga bandung bisa mengakses Jalan melalui Buah Batu, Dayeuhkolot atau Majalaya yang tujuannya ke Ciparay. Lalu lanjut melalui Pacet menuju ke Desa Sukapura Kec. Kertasari untuk mencapai pos pendakian.

Untuk Simaksi di Gunung Artapela, Pengelola hanya meminta bibit pohon untuk di tanam di gunung artapela dan bisa membeli bibit pohon di Pos Pendakian dan biaya parkir 10 ribu/ malam dan mobil 15 ribu/malam.

Gunung Artapela ini sebagian besar sudah dijadikan ladang perkebunan oleh penduduk sekitar, terutama tanaman kentang. Sehingga, hutan dan pepohonan besar sudah sulit sekali ditemukan jika melalui jalur pendakian ini,itulah alasan kenapa simaksinya Hanya membawa bibit Pohon.

Perlu kalian ketahui keadaan di puncak Sulibra ini tidak terlalu banyak pohon, bahkan bisa dibilang seperti padang rumput luas di puncak gunung jadi kalian harus tetap berhati hati.

Selamat mendaki Gunung Artapela !


Faizal Mahmud
Mahasiswa Jurnalistik UIN SGD Bandung

AYO BACA : Catat! Layanan Sim Keliling Ada di 2 Tempat

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar