Yamaha Aerox

Layanan Kesehatan Layad Rawat Akan Hadir di Seluruh Jawa Barat

  Senin, 12 November 2018   Nur Khansa Ranawati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Nur Khansa/ayobandung)

AYO BACA : Program Layad Rawat Sabet Penghargaan IHCF Innovation Award 2018

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Program layanan kesehatan jemput bola, Layad Rawat, yang sejak tahun lalu diterapkan di Kota Bandung, mulai pekan ini akan diterapkan di seluruh Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selepas upacara Hari Kesehatan Nasional 2018 di Gedung Sate, Senin (12/11/2018). 

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai Rabu besok akan berinovasi dengan program Layad Rawat. Kita akan mulai di Kota Cirebon, sehingga nanti seluruh Jawa Barat sama (mendapat pelayanan)," ungkapnya.

Sebagaimana yang sudah dijalankan sebelumnya, Layad Rawat akan mendatangi rumah warga yang kesulitan datang ke puskesmas atau rumah sakit.

"Warga yang susah ke puskesmas, susah ke rumah sakit, nanti didatangi langsung oleh dokter-dokter yang dikelola langsung oleh Pemprov Jabar bekerja sama dengan daerah. Mudah-mudahan bisa jadi inovasi," jelasnya. 

Dirinya mengaku, progam ini banyak diapresiasi dan diminati oleh warga Kota Bandung sehingga diharapkan juga akan mampu menyejahterakan warga Jabar

"Layad Rawat ini sangat favorit, disukai dan sangat diapresiasi warga Bandung terutama yang menengah ke bawah. Kita akan bawa ke seluruh Jawa Barat sehingga insyaallah kualitas kesehatan di Jabar akan meningkat," ujarnya. 

Selain Layad Rawat, Pemprov Jabar juga akan berinovasi membangun sejumlah rumah sakit di beberapa kecamatan secara mandiri alias tidak sepenuhnya bergantung pada dana APBD. 

"Di Bogor kan sudah ada rumah sakit yang dibangun pakai zakat dan wakaf sehingga kalau itu bisa, (pembangunan di daerah lain) akan dipercepat, jadi tidak harus selalu pakai APBD," jelasnya.

Program kesehatan Jabar lainnya seperti bus puskesmas pun akan segera ditindaklanjuti. 

AYO BACA : Layad Rawat Solusi Sulitnya Membangun Rumah Sakit

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar