Yamaha NMax

MuslimApps, Aplikasi Ibadah Online Karya Anak Bangsa

  Sabtu, 10 November 2018   Nur Khansa Ranawati
Co-founder dan CMO MuslimApps, Nurana Indah dan Ii Ratna. (Nur Khansa/AyoBandung)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM---Aplikasi penunjang ibadah umat muslim saat ini telah banyak tersedia untuk diunduh di smartphone. Mayoritas di antaranya menyediakan fasilitas pengingat waktu adzan, penunjuk arah kiblat, hingga Al-quran online.

Meskipun telah diunduh oleh jutaan pengguna, namun, munculnya iklan pada aplikasi-aplikasi tersebut tak jarang dinilai menganggu kenyamanan.

Di samping itu, belum ada nilai ekonomis yang dihasilkan oleh sejumlah aplikasi muslim yang ada. Padahal, transaksi ekonomi yang berputar di pasar umat muslim tergolong sangat tinggi.

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi berdirinya MuslimApps, aplikasi gratis yang mempermudah ibadah umat muslim hasil kreasi anak negeri.

Selain tanpa iklan, MuslimApps juga memfasilitasi sejumlah transaksi di dalamnya, termasuk aqiqah online.

"Kita fasilitasi ibadah umum, tapi juga menyediakan ibadah yang punya nilai ekonomis seperti kurban dan aqiqah online," terang CMO MuslimApps, Ii Ratna Yanti Kosasih ketika ditemui pada peluncuran MuslimApps di Trans Studio Mall, Jumat (9/11/2018).

MuslimApps yang telah diluncurkan di 13 kota di Indonesia ini tidak mengandung iklan sebagaimana aplikasi gratis lainnya. Pendanaan dimaksimalkan melalui investor serta transaksi aqiqah dan kurban.

Aplikasi yang mulai dikembangkan sejak tahun lalu ini memiliki pertumbuhan yang cukup pesat.

Per Maret 2018, MuslimApps sudah diunduh lebih dari 200 ribu kali oleh pengguna di seluruh dunia.

"Di Indonesia sendiri sudah ada 120 ribu orang yang download, perminggu nya di-download oleh 7 ribu orang," jelas Co-founder MuslimApps, Nurana Indah Paramita.

Rencananya, MuslimApps akan segera merambah pasar Malaysia dan Singapura.

Aplikasi ini juga akan mengembangkan fitur chatting antar umat muslim di berbagai belahan dunia.

"Seperti di Eropa misalnya, 'kan orang biasanya susah cari teman ke masjid. Nanti MuslimApps bisa memfasilitasi orang yang hendak pergi ke masjid bersama-sama," ungkap Ii. 
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar