Yamaha Lexi

Sebaiknya, Olahraga Dimulai Sebelum Subuh

  Sabtu, 10 November 2018   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi olahraga.(Pixabay)

Berolahraga selama 20 menit disebut menurunkan gula darah, bila 40 menit akan mengurangi lemak dalam tubuh. Tapi jam berapa sebaiknya aktivitas dimulai?

Mandi sebelum subuh merupakan permulaan yang baik. Basuhlah air dingin secara perlahan pada bagian kaki terlebih dahulu. Setahap demi setahap, terakhir kepala. Tujuannya agar hawa panas dalam tubuh keluar.

Tubuh yang disiram air dingin akan membuat pembuluh darah menyempit, setelah itu melebar. Pembuluh darah dan saraf menjadi aktif. Sel darah putih bertambah, kulit makin sehat,  tekanan darah menurun, depresi berkurang.

Dilingkupi udara pagi hari yang sarat O3 yang mematikan kuman-kuman, lakukan salat dua rakaat. Selain merupakan ibadah, salat juga disebut yoga orang Islam yang menyehatkan.

Takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan membuat aliran darah lancar dan menyehatkan persendian bagian atas . Membaca Al-Fatihah dengan baik dan benar membuat paru-paru bekerja optimal, membuang racun.   

Ruku  menyempurnakan posisi serta fungsi tulang belakang (punggung) , merelaksasi bahu dan menyehatkan kandung kemih untuk mencegah gangguan  prostat.

Itidal atau kembali ke posisi berdiri tegak sebelum sujud menyehatkan organ-organ dalam tubuh dan memperlancar pencernaan.

Sujud menyebabkan posisi jantung berada di atas kepala hingga cepat  mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke otak. Dianjurkan untuk agak lama bersujud sebab ada saraf hanya dapat dialiri darah ketika bersujud, bentuknyapun seperti tubuh sedang sujud. Lakukan sujud dengan tenang dan tertib.

Duduk di antara dua sujud, sangat baik buat pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih dan prostat. Posisi telapak kaki dengan jari-jari yang menekuk  menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian rileks kembali.

Salam bermanfaat untuk merelaksasikan otot di sekitar leher dan kepala. Lakukan dengan perlahan serta  sedikit agak lama menengok ke kanan dan ke kiri sebab ia akan memperlancar pernafasan. 

Zikir yang dilakukan seusai salat juga bermanfaat untuk kesehatan terutama organ-organ dalam tubuh, seperti ginjal, paru-paru, liver dan tentu saja otak.  Bahkan membaca Laillahaillah dengan keras merontokkan kolesterol pada pembuluh darah otak serta mengoptimalkan kerja jantung.

Masih banyak manfaat shalat untuk kesehatan, apalagi jika dikombinasikan kalimatullah  yang bermakna penyerahan diri, mengakui keesaan dan mengharap rifa Allah SWT. Terciptalah kombinasi antara kesehatan fisik dan mental yang berujung kepada kenyamanan lahir-batin.

Bila olahraga yang sesungguhnya dilakukan setelah matahari terbit, maka sesungguhnya kita sudah siap melakukan senam pagi, mengayuh sepeda atau mengikuti olahraga permainan atau sekadar jalan-jalan.

Manfaat yang diperoleh pun jauh lebih komplet dari yang lain. Selamat menikmati hari libur, jangan lupa makan bubur!

Farid Khalidi

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar