Yamaha Mio S

Dilanda Banjir, BPBD Kabupaten Bandung Segera Pantau 31 Kecamatan

  Kamis, 08 November 2018   Rizma Riyandi
Banjir melanda Kabupaten Bandung, Kamis (8/11/2018). (ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Hujan lebat menyebabkan kawasan Bandung Raya terendam banjir. Tak terkecuali di Kabupaten Bandung. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, di wilayah tersebut tercatat empat titik banjir yang sedang terjadi.

Oleh karena itu, Kamis (8/11/2018), BPBD segera memantau potensi banjir di 31 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bandung.

"Kami semua me-monitoring kondisi di semua kecamatan. Saling memberi kabar potensi banjir lewat HT, telepon, dan media sosial," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk menyinergikan aktivitas penanggulangan bencana agar lebih efektif dan efisien.

Akhmad menuturkan, penyebab banjir adalah hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak 8 November 2018 pukul 00.30 WIB.

AYO BACA : Baleendah dan Dayeuhkolot Terendam Banjir

Hingga pukul 01.00 WIB hujan masih berpotensi turun di beberapa wilayah Bandung. Di antaranya di Cikalong Wetan, Cipeundeuy, Cipatat, Batujajar, Gunung Halu, Cililin, Pasir Jambu, Rancabali, Soreang, Ketapang, Margaasih, Kota Cimahi, Dayeuh Kolot, Pamengpeuk, Baleendah, Kota Bandung, Kota Cimahi, Padalarang, Lembang, Cisarua, Cipatat, Cikalongwetan, Rongga, Ciwidey, Padalarang, Ngamprah, Cisarua, Cipongkor, Cipongkor, dan Sindangkerta.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Bandung, empat wilayah yang terkena banjir yaitu Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Desa Andir, dan Kecamatan Baleendah. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat bencana kali ini.

"Alhamdulillah nihil korban jiwa. Tapi dampaknya Desa Bojongsoang terendam air setinggi 30 sampai 40 cm. Sementara di Desa Andir, ketinggian air mencapai 15 sampai 70 cm," papar Akhmad.

AYO BACA : Jabar Buka Peluang Ekspor Mangga Gedong Gincu ke Jepang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar