Yamaha Aerox

Mengenal Lakse Kuah: Makanan Langka Khas Kepulauan Riau

  Rabu, 07 November 2018   Rizma Riyandi
Lakse Kuah

Buat warga Bandung yang suka jalan-jalan keliling Indonesia, jangan lupa berkunjung ke Kepulauan Riau ya. Selain, keindahan baharinya, di sana juga terdapat berbagai macam makanan tradisional khas Kepulauan Riau.

Salah satunya makanan langka khas Kepulauan Riau yaitu Lakse Kuah. Penasaran kan seperti apa Lakse tersebut? Yuk, kita simak ulasannya.

Lakse merupakan makanan yang terbuat dari Sagu. Bentuknya panjang seperti mi dan berwarna putih. Sedangkan, kuahnya seperti kuah kari berwarna merah.
Untuk menambah citra rasa yang gurih, beberapa bumbu rempah-rempah dimasukkan ke dalam kuah seperti santan, cabe, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, ketumbar, adas manis dan beberapa bumbu lainnya. Biar tambah enak, kalian bisa juga memasukkan ikan tambal atau ikan teri ke dalam adonan kuah.

Biasanya, masyarakat Riau memakan Lakse kuah untuk sarapan atau untuk makan siang. Lakse kuah tersebut biasanya disajikan pada daun semangkuk untuk menambah sensasi yang berbeda saat Anda menyantapnya.

Makanan khas nan langka ini biasa dipesan masyarakat pada acara besar seperti maulid nabi.

Mahasiswi Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam UIN Bandung asal Kepulauan Riau, Mega Putri, mengatakan, membuat adonan lakse kuah terbilang susah karena kalau gagal bisa pecah-pecah.


"Susahnya pas ngdonannya karena pecah-pecah, kan pakai air panas terus harus kenceng-kenceng pas ngadoninnya, di kepal gitu. Kalau misalnya itu kadang suka nggak jadi dia nggak berbentuk gitu jadi hancur," ujarnya.

Lakse kuah tersebut langka karena sudah jarang yang buat, kebanyakan yang membuatnya orang-orang asal luar Kepulauan Riau.

"Kalau di sana malah bukan orang-orang melayu yang buat kebanyakan orang-orang Jawa yang menetap di Riau yang buat dan banyak dijual di sana," Lanjutnya.

Putri Zahra Chairunisha

Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar