Yamaha Mio S

Emplod Ngeunah, Camilan Renyah Khas Garut

  Selasa, 06 November 2018   Dadi Haryadi
Emplod Ngeunah asli khas Garut.

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM–Setiap daerah tentu mempunyai makanan khas. Berbagai makanan khas tersebut dijual dipasaran dengan rasa dan bentuk yang berbeda. Namun, ada yang masih dijual dan ada pula yang sudah hilang dipasaran karena tergeser dengan cemilan lain.

Emplod, nama yang unik bukan? Banyak orang yang asing mendengar kata tersebut. Emplod merupakan cemilan khas Lewo, Garut. Awalnya bernama Endog Lewo, karena betuknya bulat seperti endog (telur) dan berasal dari daerah Lewo, Garut. Namun, kini orang-orang mengenal cemilan ini dengan sebutan Emplod.

Camilan ini berbahan dasar singkong yang diolah dengan cara sederhana. “Ditambah dengan bahan lainnya, ada tepung tapioka, kelapa parut, garam, daun bawang dan bumbu penyedap, juga  minyak goreng secukupnya,” kata M. Rijal Ul Haq, Owner Emplod Ngeunah kepada Ayobandung.com, Selasa (6/11/2018).

Pria yang akrab disapa Ijal ini, menginovasi Emplod menjadi camilan dengan berbagai varian rasa yang dijual di Kota Bandung. “Dulunya hanya asin dan pedas, saya mencoba menyediakan berbagai macam rasa, ada rasa asin/original, pedas, keju, balado, dan jagung manis. Alhamdulillah banyak diterima pelanggan dan banyak yang suka,” ungkapnya.

AYO BACA : Enam Kuliner Super Ekstrem Khas Bandung

Inovasi Ijal ini dilabeli nama ‘Emplod Ngeunah’. Emplod yang rasanya Ngeunah. Ngeunah dalam bahasa Sunda yang artinya enak. Walaupun sama skali tidak memakai bahan pengawet,  uniknya camilan ini bisa bertahan lama, dan tetap renyah. Caranya hanya perlu disimpan ditempat tertutup dan tidak terpapar sinar matahari.

Ijal mengaku, dirinya tertarik membuka usaha camilan ini karena mengingat, Emplod jarang ditemui di Kota Bandung. “Saya berfikir, sebagai orang Garut, saya ingin mencoba melestarikan makanan khas daerah saya di Kota Bandung ini tempat saya berkuliah. Akhirnya saya berbagi cerita dengan teman saya untuk membuka usaha ini, dan akhirnya terealisasikan,” katanya.

Emplod Ngeunah ini dikemas dalam kantong plastik dan ditempel stiker lucu ala Emplod Ngeunah. Dibanderol dengan harga Rp9.000 per bungkus.

Cara menikmati camilan ini bisa dengan berbagai cara, tergantung masing-masing orang untuk menikmatinya. “Selain dijadikan camilan, jadi teman makan juga bisa apalagi disantap dengan hidangan bakso pasti lebih nikmat. Lebih enak juga disantap sambil nonton, nongkrong, rapat, dan apa pun aktivitas yang berhubungan dengan perkumpulan, agar bisa bagi-bagi,” kata Ijal.

Adapun cara mendapatkan Emplod Ngeunah ini dengan cara online, bisa melalui akun Instagram @emplodngeunah melalui direct message, bisa juga melalui kontak Whatsapp yang terpampang di bio akun Instagramnya. “Untuk yang pesan daerah Bandung Timur kita gratiskan ongkos kirim, tapi kalau di luar Bandung timur ditambah biaya ongkos kirim,” tutup Ijal. (Wulan Apriani)

AYO BACA : Icip-Icip Kuliner Zaman Kolonial di Braga

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar