Yamaha Aerox

Banjir Cipatujah: Korban Tewas Menjadi 5 Orang

  Selasa, 06 November 2018   Nur Khansa Ranawati
Kondisi banjir di Kecamatan Karang Nunggal (dok. BPBD Kab.Tasikmalaya)

CIPATUJAH, AYOBANDUNG.COM--Lima orang dinyatakan meninggal dunia pada persitiwa banjir yang melanda Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya pada Senin (5/11/2018) malam hingga dini hari. 

Informasi tersebut merupakan update terakhir yang diterima pihak Pusdalops BPBD Kabupaten Tasikmalaya per pukul 14.22, Selasa (6/11/2018).

"Iya korban sampai saat ini terdeteksi 5 orang, tapi identitasnya belum diketahui," ungkap petugas Pusdalops BPBD Kab. Tasikmalaya, Indra Puji Kurnia, ketika dihubungi Ayobandung.com via sambungan telepon.

Dia menyatakan, hingga saat ini akses menuju Kecamatan Cipatujah pun masih rusak hingga menyulitkan sebagian petugas untuk mencapai lokasi.

"Saya menerima update ini dari tim yang ada di lapangan. Kami belum bisa melewati daerah yang berada di sebrang karena akses masih terputus, saluran komunikasi juga di sana sulit," jelasnya.

Berdasarkan keterangannya, saat ini sebanyak 50 rumah di Kecamatan Cipatujah terendam banjir. 

"Tapi yang kena dampak parah ada 14 rumah. Rencananya warga terdampak akan diungsikan ke daerah yang tidak terkena banjir," jelasnya.

Jembatan Pesanggrahan yang menghubungkan Ciandum, Ciheras, Pameutingan, Cipanas, dan Sikahurip pun ditemukan roboh akibat terjangan hujan semalam.

Hal tersebut juga menyebabkan putusnya akses jalan dari Kabupaten Tasik ke arah Garut.

Indra mengatakan, pihak BPBD saat ini telah berkoordinasi dengan PUPR untuk menanggulangi masalah robohnya jembatan tersebut.

"Apakah nantinya akan dibuat jembatan darurat dulu atau seperti apa, pihak PUPR yang lebih paham," jelasnya.

Saat ini BPBD setempat juga tengah membersihkan material longsoran di sekitar kecamatan terdampak bekerjasama dengan warga, membantu evakuasi warga korban banjir ke tempat aman, serta melakukan pengalihan arus lalu lintas bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar