Yamaha Aerox

Persiapan Pileg dan Pilpres, Bawaslu Minta Ini Dipenuhi

  Senin, 05 November 2018   Mildan Abdalloh
(Attia/Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung mewanti-wanti KPU setempat untuk mempersiapkan Pileg dan Pilpres 2019 secara matang. Salah satunya memastikan semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendapat logistik yang cukup.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehudin mengatakan, salah satu logistik krusial yang harus dipenuhi adalah bilik dan kota suara. "Berdasar pengajuan sesuai Daftar Pemilih Sementara (DPS) kebutuhan bilik suara adalah 41.340 buah, untuk kotak suara 51.675 unit," tutur Januar, Senin (5/11/2018).

AYO BACA : Baru 3 Partai di Kabupaten Bandung yang Menyerahkan Susunan Tim Kampanye

Namun sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada penambahan kebutuhan, untuk bilik suara menjadi 41.352 buah dan kotak suara 51.690 buah. Jika melihat ada perbedaan ajuan antara saat penetapan DPS dan DPT, maka terdapat kekurangan 12 unit bilik suara dan 15 unit kotak suara untuk kebutuhan di 3 TPS. 

"Berdasarkan ketarangan KPU harus mengajukan adendem untuk memenuhi kebutuhan atau kekurangan bilik suara dan kotak suara di 3 TPS sebanyak 12 bilik suara dan 15 kotak suara," katanya.

AYO BACA : Bawaslu Akui Pelanggaran APK Masih Marak Terjadi

Sejumlah logistik pemilihan umum 2019 mulai didistribusikan oleh KPU pusat ke setiap daerah provinsi, kota dan kabupaten, termasuk ke Kabupaten Bandung. KPU Kabupaten Bandung, kata Januar, harus memastikan seluruh kebutuhan mencukupi. Terlebih selain terdapat kekurangan, pihaknya juga menemukan sejumlah kotak suara yang rusak.

"Terus dari tanggal 31 sampai saat ini dilakukan pendistribusian kotak suara. Dari awal 31 hingga sekarang kami menemukan ada 29 kotak suara yang rusak dan sampai hari ini belum diganti," tuturnya di lokasi tadi siang.

Gudang logistik KPU Kabupaten Bandung kata Januar terdapat di empat titik, di antaranya di Jalan Raya Soreang-Banjaran, Desa Ciluncat. Junti Girang Kecamatan Katapang, Mahmud Kecamatan Margaasih dan Kecamatan Soreang. Bawaslu juga memastikan gudang logistik KPU ini aman karena bekerjasama dengan anggota Polres Bandung.

"Pendistribusian selanjutnya adalah surat suara, namun belum dapat dipastikan kapan, karena masih ada sengketa di tingkat kabupaten/kota lain termasuk untuk calon DPRD dan DPR RI," pungkasnya.

AYO BACA : Apresiasi Kinerja, Bawaslu Jabar Beri Penghargaan Bawaslu Daerah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar