Yamaha NMax

Perpaduan Kuliner Timur Tengah dan Nusantara di Rumah Makan Marase

  Senin, 05 November 2018   Nur Khansa Ranawati
Porsi terkecil Ayam Turky dan Kambing Bakar Nasi Rempah di Rumah Makan Marase Bandung. (Nur Khansa/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM-- Tidak perlu jauh-jauh ke Turki untuk mencicipi hidangan ayam dan nasi bumbu rempah khas Timur Tengah. Di Bandung, Anda bisa mampir ke Rumah Makan Marase di bilangan Cimanuk untuk menikmati seporsi menu Ayam Turky yang unik.

Ayobandung.com berkesempatan menjajal menu-menu yang disediakan Rumah Makan Marase Bandung, Sabtu (3/11/2018). Salah satu yang paling wajib dicoba adalah Ayam Turky beserta nasi rempah.

Pengunjung bisa memilih ukuran yang diinginkan, dan kala itu ukuran yang dipilih adalah porsi terkecil seharga Rp30 ribu.

Hidangannya disajikan pada piring alumunium foil, dilengkapi dengan potongan sayur dan tomat yang disiram mayones. Ukuran paha ayamnya sedang, sebagaimana ukuran yang kerap dijumpai di warung makan lainnya.

Namun, ketika digigit, dagingnya terasa empuk dan bumbu rempahnya menjadikan keseluruhan ayam terasa gurih. Pun halnya dengan nasi rempah yang mirip nasi kebuli, baik "penampilannya" maupun rasanya.

"Untuk Ayam Turky itu kami marinasi dan didiamkan sehari-semalam dulu, baru dikukus lagi, jadi setelah bumbunya meresap baru kita bakar," ungkap salah satu staf, Chandra Kirana.

Untuk menambah rasa gurih, ia mengatakan, bumbu rempah pada ayam maupun nasinya diproses menggunakan fermentasi susu.

"Rempah-rempah ini pakai fermentasi susu, susu murni, dan bumbunya racikan sendiri tidak dibuat di sini," jelasnya.

Rumah makan yang terletak bersebelahan dengan Hotel Vio ini juga punya menu yang unik, yakni Bebek Perancis.

Dinamai demikian karena nasinya memiliki warna yang tak lazim, yakni biru-putih-merah, sebagaimana warna bendera Perancis.

Chandra mengatakan, warna biru pada bulir nasinya berasal dari bunga Telang.

AYO BACA : Laga Persib Kontra PSMS Dimajukan Dua Hari

"Birunya pakai bunga Telang, merahnya dari Rosella yang dicampur santan," ungkapnya.

Masakan Nusantara
Tidak hanya ayam khas Turki, Rumah Makan Marase ini juga menyajikan aneka hidangan nusantara berbasis ayam, kambing, dan sapi, seperti Ayam Tangkap ala Aceh, Se'i Sapi ala Kupang, Sop ala Palembang hingga Soto Khas Betawi.

Se'i Sapi adalah salah satu menu nusantara yang paling banyak dicari pelanggan.

"Se'i sapi itu daginya diberi rempah-rempah dulu, kemudian diasap, baru di-slice," jelasnya.

Menu ini belakangan memang tengah tren di kalangan warga Kota Bandung. Di sini, harga seporsi Se'i Sapi relatif cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp18 ribu.

Ayobandung.com juga mencicipi menu Kambing Bakar dan Nasi Rempah. 

Meski nasinya memiliki kegurihan yang sama dengan nasi yang ada di menu Ayam Turky, namun bumbu pada kambing bakarnya terasa kurang meresap dan tidak segurih bumbu Ayam Turky, walau daging kambingnya tergolong relatif empuk.

Untuk tempat dan suasana, Rumah Makan Marase memiliki ruangan yang cukup luas, dapat menampung kurang lebih 80 orang.

Kedainya sederhana dan tidak memiliki banyak ornamen, namun cukup nyaman dan menyediakan stop kontak juga meja tinggi untuk perorangan, yang kerap dipakai pengunjung untuk membuka laptopnya.

Rumah Makan Marase saat ini baru memiliki satu cabang di Bandung. Sebelumnya membuka kedai di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Rencananya, Rumah Makan Marase akan segera membuka cabang di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

AYO BACA : Teras Sunda Cibiru, Wisata Seni dan Budaya Baru Kota Bandung

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar