Yamaha Aerox

Menikmati Eksotisme Buffalo Hill di Garut

  Senin, 05 November 2018   Rizma Riyandi
Buffalo Hill (infopaguci.blogspot.com)

Buffalo Hill Garut adalah nama lain dari Tegal Munding. Sejatinya tempat eksotis ini bukan destinasi wisata, melainkan kawasan pengangonan kerbau. Namun, belakangan ini Buffalo Hill ramai dikunjungi wisatawan.

Tidak bisa ditampik, bukit yang menghadap ke gunung Cikurai ini menyimpan pesona luar biasa. Saya sendiri belum lama mendengar objek wisata bernama Tegal Munding atau Buffalo Hill di Garut. Sebagai warga Garut, saya merasa penasaran ingin mengeksplor wisata alam ini.

Buffalo Hill atau Tegal Munding yang sekarang banyak dikunjungi orang adalah kawasan Cagar Alam Gunung Papandayan. Kawasan berbukit ini menyuguhkan keindahan dan hamparan bukit yang sangat luas.

Tegal Munding sendiri berada pada ketinggian 1.000 mdpl. Secara administratif kawasan Tegal Munding berada di antara tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Cisurupan, Kecamatan Bayongbong, dan Kecamatan Sukaresmi. Tegal Munding termasuk ke dalam Kawasan Gunung Puntang, sebuah Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Papandayan Garut.

Masyarakat sekitar telah terbiasa naik turun bukit Tregal Munding. Lantaran sebagian besar penduduk kawasan Bukit Tegal Munding adalah petani.

Ketika masuk Kawasan Wisata Tegal Munding, kendaraan roda dua tidak bisa di bawa ke atas, karena trek yang sangat terjal. Medan pendakian di Bukit Tegal Munding sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Tegal Munding mempunyai sejarah sendiri mengapa dinamakan seperti itu. Tegal dalam bahasa Sunda berarti ladang sedangkan munding adalah bahasa Sunda berarti kerbau. Karena tempat tersebut banyak sekali ditumbuhi rumput, banyak kerbau yang digembalakan di sana.

Sementara itu, istilah Buffalo Hill adalah nama yang diberikan pengunjung luar Garut, khusunya pengunjung Jabotabek.

Menurut salah satu pengunjung, hamparan bukit di Tegal Munding sedikit mirip dengan bukit Buffalo Hill yang ada di Amerika.

AYO BACA : Asyiknya Mengintip Benda Langit di Observatorium Bosscha

Nama Buffalo Hill disematkan pada Tegal Munding mungkin karena di satu sisi menjadi daya tarik bagi masyarakat, terutama penikmat alam.

Daya tarik Tegal Munding salah satunya yaitu luasnya hamparan bukit hijau, sejuk, dingin, dan pemandangan yang sangat indah.

Dari kawasan ini kita dapat menyaksikan keindahan alam lanskap kota Garut dari ketinggian.

Di sebelah timur laut terlihat Gunung Cikuray, lukisan alam segitiga yang gagah menjulang tinggi.

Di kawasan ini juga kita bisa menyaksikan terbitnya matahari dari kawasan Gunung Cikuray.

Selain itu, kawasan luas ini juga bisa menjadi tempat kemping bagi para pendaki Gunung. Kita bisa menginap semalaman untuk menikmati terbitnya matahari.

Namun, kita tidak bisa mendirikan tenda sembarangan. Ada kawasan khusus untuk mendirikan tenda. Hal tersebut dilakukan supaya tempat ini terkoordinir dengan baik, dan bebas dari banyaknya wisatawan nakal yang membuang sampah sembarangan.

Keunikan lainnya, Buffalo Hill juga memiliki sebuah curug atau air terjun yang sangat jernih. Aliran air terjun ini mengalir ke beberapa sungai yang ada di bawahnya, dan merupakan hulu sungai Cimanuk.

Ahera Suwitri

Penikmat Wisata Alam

AYO BACA : Selama Oktober, Kominfo terima 67 Aduan Berita Hoaks

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar