Yamaha Lexi

Bandung Pisan: Kecamatan Astana Anyar Jadi Surganya Kuliner

  Jumat, 02 November 2018   Fathia Uqimul Haq
Camat Astana Anyar, Syukur Sabar. (ayobandung.com/Fathia Uqimul Haq)

AYO BACA : Bandung Pisan: Kisah Gang Pasantren Sebagai Sentra Baju Anak

AYO BACA : Bandung Pisan: Kecamatan Regol Gulirkan 'Ayo Bayar Infaq Sodakoh'

ASTANA ANYAR, AYOBANDUNG.COM--Kecamatan Astana Anyar cenderung dipadati permukiman masyarakat. Mereka menghiasi wilayah dengan ragam usaha. Sebut saja Cibadak Culinary Night yang menjadi destinasi wisatawan, atau siang hari Cibadak dikenal dengan toko grosiran alat tulis kantor.

Di siang hari Jalan Cibadak jadi pusat pertokoan. Di malam hari mulai dari jam 17.30 WIB sampai larut malam lampion dan lampu hias menerangi Cibadak Culinary Night. Di sana terdapat 140-an PKL dengan 23 makanan non-halal mengandung babi.

Camat Astana Anyar Syukur Sabar mengatakan, Pusat Kuliner Cibadak akan segera dibenahi supaya lebih indah. Menggandeng GO-Jek, lampion yang tidak memenuhi sepanjang jalan Cibadak akan dipenuhi hingga arah Timur menuju Jalan Otista.

"Sudah sepakat sama Gojek, realisasinya belum tahu. Jadi tenda-tenda nanti semua diseragamkan," katanya, Kamis (1/10/2018).

Selain penggantian lampion dan tenda pedagang, di Pusat Kuliner Cibadak akan dihiasi foto booth. Wisatawan dapat berswafoto di sana sebagai tanda telah mengunjungi destinasi hits di Kota Bandung itu.

"Cibadak kan sudah menjadi destinasi wisata. Misalnya suka pada makan soto simon, cuman kendalanya sulit engga bisa banyak orang duduk. Paling 8 sampai 10 orang," ujarnya.

Syukur menginginkan ke depannya kondisi destinasi wisata kuliner Cibadak ini bisa ditingkatkan kenyamanannya, seperti penambahan toilet umum dan penghijauan di sepanjang jalan.

Pusat Kuliner Cibadak tidak beroperasi dari hari Kamis sore sampai Jumat sore. Adapun pasar tumpah di Panjunan seperti barang-barang bekas elektronik. Mereka beroperasi setiap hari dari pukul 05.30-09.00 WIB. Untuk hari Sabtu dan Minggu pasar tumpah baru tutup sekitar pukul 11.00 WIB.

Selain pusat kuliner Cibadak, Astana Anyar juga dikenal dengan kulinernya yang melegenda seperti Batagor Isan dan Cendol Elizabeth. Beberapa industri rumahan pun memproduksi cendol.
 
"Di Karasam kita ada lotensi ketok duco mobil. Mereka punya kualitas walau tidak dengan sistem oven, namun bisa dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Astana Anyar juga dikenal dengan percetakan di Pagarsih. Syukur pun merencanakan pameran produk Pagarsih yang dipajang supaya pengusaha, pemesan, pengguna, dan semua pihak bisa melihat pajangan hasil produksi itu.

"Untuk wilayah pendidikan ada Museum Sribaduga dan Rumah Ibu Inggit," katanya.

Terkait masalah lingkungan, Astana Anyar memiliki gerakan membawa sampah anorganik ke Posyandu setiap kali ibu akan melakukan pelayanan. Hasilnya akan diserahkan untuk operasional Posyandu.

Bank sampah posyandu program dari 2017 launching dengan DLHK, orang tua balita datang ke posyandu bawa sampah anorganik. Setelah terkumpul, tim bank sampah dari kecamatan timbang bayar langsung, catatan dana abadi buat posyandu.

Begitu pun ASN, setiap Selasa harus membawa sampah anorganik. Kemudian hasil penjualan sampah akan dikumpulkan untuk disalurkan ke warga yang kurang mampu.

Kecamatan yang dihuni oleh 70.400 warga ini dibagi ke dalam 6 kelurahan yang terdiri atas Cibadak, Karang Anyar, Nyengseret, Panjunan, Pelindung hewan, dan Karasak.

Kekompakan warganya terlihat saat perhelatan Bandung Light Festival 2017 lalu, Astana Anyar menyabet juara pertama.

"Tahun ini kita belum menang, tetapi kita akan terus menampilkan yang terbaik untuk kekompakan bersama antar warga," ujarnya.  

Meski memiliki kendala terkait pemukiman padat, warga masih memiliki ruang bermain yaitu lapangan di halaman kantor kecamatan. Syukur mempersilakan warga untuk menggunakan lapangan sebaik-baiknya.  

"Di lapang suka ada latihan bela diri tiap malem. Atau yang main Bulutangkis tiap pagi. Jadi semua bisa menikmati dan punya rasa memiliki ke kantor itu. Semua boleh main," pungkas pria 50 tahun itu.

AYO BACA : Bandung Pisan: Kiat Kecamatan Bandung Kidul Bahagiakan Warga

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar