Yamaha Aerox

UTBBYS, Band Asal Bandung yang Moncer di Mancanegara

  Jumat, 02 November 2018   Rizma Riyandi
Under The Big Bright Yellow Sun (UTBBYS)Road To Soundrenaline Arcamanik Bandung. (Dok. Pribadi).

AYO BACA : Tempat Rekreasi Baru, Kampung Wisata Pasar Kunci

AYO BACA : Berita Pilihan: Teras Sunda Cibiru & Catatan Terbang JT610

CIBIRU, AYOBANDUNG.COM--Under The Big Bright Yellow Sun atau yang biasa disebut UTBBYS merupakan band asal Bandung yang aliran Post Rock. Band yang dibentuk tahun 2007 ini beranggotakan Eza (gitar), Ranyay (gitar), Komeng (gitar), Didi (Bass), dan Croy (Drum). 

UTBBYS, bisa dibilang, menjadi pionir musik bergenre Post Rock di Indonesia. Genre ini termasuk yang jarang digandrungi masyarakat. Namun, berkat kekonsistenannya, UTBBYS bisa Tour Mancanegara. Beberapa lagu UTBBYS pun sempat menjadi soundtrack salah satu film di Tiongkok, bahkan menjadi lagu favorit di radio Filipina.

Tiga album telah diluncurkan UTBBYS, yaitu Painting Of Life (2012), Quintessential Turmoil (2014), Bright Light (2018), dan satu single Dramation Thonologue (2012), serta Satu Extended Play (E. P) We Sit Under The Big Bright Yellow Sun In The Sparkle Afternoon (2010). 

Perjalanan UTBBYS menjadi setenar sekarang tentu tidak mudah. Adim Dimyati yang akrab di sapa Ranyay bercerita, sudah tiga kali personel drum berganti.

“Dalam setiap album personel drum berbeda, karena masalah pribadi. Dan itu pilihan ketika kita konsisten dalam band ini juga merupakan pilihan,” katanya pada Ayobandung.com.

Ranyay juga menjelaskan, nama UTBBYS terinspirasi dari lagu yang berjudul sama. 

“Berawal dari kegiatan kita bikin lagu malem tanpa disadari udah siang, dan juga ada salah satu musik yang jadi inspirasi kita judulnya Under The Big Bright Yellow Sun. Tanpa ada maksud tertentu,” jelas Ranyay. 

Tanpa adanya lirik yang tersemat, musik aliran Post Rock ini mempunyai keunikan tersendiri. Dengan begitu, pendengar bisa menerjemahkannya dengan bebas. 

Ranyay berharap dengan adanya album yang sekarang, dengan tema Bright Light bisa membuat kehidupan lebih cerah. 

“Saya harap sesuai dengan tema album yang ketiga hidup kita lebih cerah, kehidupan yang awalnya gelap berubah menjadi sebaliknya,” tuturnya. 

AYO BACA : Menikah Romantis dan Hemat di Metro Indah Bandung Hotel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar