Yamaha Aerox

Tidak Ada Tempat Duduk Paling Aman dalam Pesawat

  Selasa, 30 Oktober 2018   Andres Fatubun
Ilustrasi tempat duduk pesawat. (whyy.org)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Tidak ada satu pun tempat duduk paling aman dalam pesawat ketika terjadi kecelakaan. Namun, sejumlah data dan studi tentang kecelakaan pesawat di Amerika Serikat dan Eropa menunjukkan, tempat duduk barisan tengah di bagian belakang pesawat atau bagian sayap menuju ekor adalah tempat duduk yang memiliki tingkat keselamatan paling tinggi.

Hal ini berdasarkan data kecelakaan dalam 35 tahun terakhir yang diungkap oleh portal berita TIME merujuk informasi dari Federal Aviation Administration’s CSRTG Aircraft Accident Database.

Analisis TIME menyatakan, sepertiga tempat duduk paling depan memiliki persentase kematian sebesar 38%, sepertiga bagian tengah 39%, dan sisanya sepertiga di bagian belakang adalah 32%.

Sementara itu, berdasarkan baris, bagian tengah yang sering ditandakan dengan huruf tempat duduk B atau E, adalah yang paling aman dengan tingkat  kematian sebesar 28%. Tempat duduk yang dinilai paling berisiko adalah di pinggir lorong (aisle) bagian tengah pesawat dengan tingkat kematian 44%.

Data lainnya menyatakan, setelah kecelakaan, penumpang yang paling dekat dengan pintu darurat memiliki peluang yang lebih besar untuk selamat. Fakta tersebut berdasarkan hasil studi yang dikeluarkan oleh Universitas Greenwich pada 2008.

AYO BACA : Fakta Tentang Black Box yang Berwarna Jingga

Penelitian lainnya dilakukan oleh produser film dokumenter The Crash. Film itu menyimulasikan pendaratan darurat dengan menggunakan Boeing 727 di gurun pasir Sonoran, Meksiko. Pesawat dipasangi puluhan kamera di bagian dalam dan luar, sensor, dan manusia tiruan yang memiliki struktur tulang seperti manusia asli.

Setelah pesawat menabrak, hasilnya menunjukkan 11 tempat duduk paling depan hancur lebur. Area tersebut biasanya digunakan untuk kelas satu  premium atau bisnis. Sensor merekam tekanan sebesar 12G di area tersebut. Analisis simulasi menyatakan tidak ada satupun yang selamat di area tersebut.

Sementara penumpang yang duduk di bagian belakang memiliki peluang untuk selamat yang lebih tinggi yaitu sebesar 78%. Semakin belakang, maka peluang untuk selamat semakin tinggi. 

Meski sebagian pakar meragukan hasil simulasi tersebut karena hanya dilakukan sekali, namun temuan lainnya mendukung fakta yang disajikan dalam film The Crash. Salah satunya studi yang dilakukan oleh Popular Mechanics yang dilakukan tahun 2007. 

Majalah tersebut meneliti data kecelakaan sejak 1971. Hasilnya, tempat duduk di bagian belakang atau setelah bagian sayap adalah yang paling aman dengan peluang untuk selamat sebesar 69%. Sementara itu, di bagian tengah, sekitar sayap, sebesar 56% dan bagian depan sebesar 49%.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar