Yamaha Mio S

5 Insiden Lion Air Sepanjang 2018

  Senin, 29 Oktober 2018   Hengky Sulaksono
Pesawat Lion Air. (lionair.co.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Lion Air dikenal sebagai salah satu perusahaan maskapi penerbangan berharga kompetitif di Indonesia. Maskapai yang dibuat kakak-beradik Kusnan dan Rusdi Kirana ini didirikan pada 19 Oktober 1999 dan mulai beroperasi pada 30 Juni 2000.

Sejak saat itu, nama Lion Air melanglang buana di jagat dirgantara tanah air. Namun, selama 18 tahun berkiprah, Lion Air beberapa kali menjadi sorotan.

Berbagai sorotan yang diarahkan kepada Lion Air salah satunya dipicu pelbagai insiden yang menimpa maskapai.

Sepanjang 2018, tercatat beberapa kali pesawat komersil milik PT Lion Mentari Airlines ini diterpa insiden. Berikut sejumlah insiden Lion Air yang berhasil dirangkum pada periode Januari-Oktober 2018:

AYO BACA : Lion Air Jatuh: Perjalanan Terakhir JT610

1. Pendaratan Darurat di Palembang

Pada 1 April 2018, pesawat Lion Air JT 600 dengan rute Jakarta-Jambi mengalami dekompresi kabin atau pengurangan tekanan udara saat sedang mengudara. Kondisi ini membuat penumpang harus menggunakan selang oksigen. Lantaran kejadian tersebut, pesawat terpaksa mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

2. Tergelincir di Gorontalo

Pada 29 April 2018, pesawat Lion Air rute Makassar-Gorontalo dengan nomor penerbangan JT 892 tegelincir di Bandara Jalaluddin Tantu. Tergelincirnya pesawat pembawa 174 penumpang dan 7 kru disebabkan hujan lebat yang mengguyur Gorontalo saat proses mendarat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun badan pesawat yang berada di landasan pacu menghalangi pesawat lain untuk mendarat.

AYO BACA : Lion Air Jatuh: Tim Temukan Serpihan Pesawat dan Potongan Tubuh

3. Penumpang "Bawa Bom"

Pada 25 Mei 2018, seorang penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 687 rute Pontianak-Jakarta mengaku membawa bom di bungkusan yang tertinggal di pesawat. Akibatnya, pesawat yang sudah siap lepas landas dari Bandara Supadio ini urung terbang akibat penumpang dibuat panik.

4. Tergelincir Gara-gara Sapi

Pada 6 Agustus 2018, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 892 tergelincir saat mendarat di Bandara Jalaluddin Tantu, Gorontalo. Tergelincirnya pesawat Boeing 737-800 dipicu keberadaan tiga ekor sapi yang ada di landasan, sehingga pesawat mengalami over run atau keluar landasan. Tak ada korban jiwa dari kejadian ini.

5. Hilang Kontak di Karawang

Pada 29 Oktober 2018, pesawat milik maskapai penerbangan Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang dengan nomor penerbangan JT 610 dikabarkan mengalami hilang kontak dan jatuh di perairan Tanjung Karawang. Pesawat yang membawa 189 penumpang ini diketahui lepas landasr pukul 06.20 WIB. Namun pada pukul 06.33 WIB pesawat mengalami hilang kontak.

AYO BACA : Lion Air Jatuh: Basarnas Sebut ELT Pesawat Tidak Terdeteksi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar