Yamaha Mio S

Berbagi Kebersamaan ala Komunitas Share

  Senin, 29 Oktober 2018   Rizma Riyandi
Anggota komunitas Share sedang membagikan makanan kepada pedagang. (Dok Komunitas Share)

CIPADUNG, AYOBANDUNG.COM--Sebagaimana firman Allah dalam Alquran surat Albaqarah ayat 245 yang artinya “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Firman tersebut menjadi salah satu landasan terbentuknya komunitas Share di kota Bandung. Komunitas yang memiliki slogan share in togetherness ini sering terjun ke jalanan kota Bandung untuk bersedekah membagikan makanan gratis kepada supir angkot, tukang becak, petugas kebersihan, tunawisma, maupun pemulung.

Komunitas yang baru terbentuk Januari 2018 ini pada awalnya hanya beranggotakan enam orang. Seiring berjalannya waktu, anggota bertambah menjadi 14. Saat ini tercatat ada 99 anggota Share yang awalnya merupakan sukarelawan yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Bali, Kendari, Medan, dan Kalimantan.

“Pada prinsipnya komunitas Share ingin support para pejuang nafkah. Maaf, kami sangat menghindari (memberi makanan gratis) kepada orang-orang yang tangan di bawah, seperti pengemis. Tapi untuk saudara kami di jalanan yang sedang ikhtiar mencari nafkah,” Ungkap ketua komunitas Share Muhammad Ikhsan Proklamadika kepada Ayobandung.com saat ditemui di salah satu pusat perbelanjaan di Cipadung, Minggu (27/10/2018).

Ikhsan juga memaparkan kehadiran Share dapat menjadi penyemangat bagi mereka ketika mencari nafkah.

Tak hanya itu, ketika Share berbagi makanan gratis yang biasanya dilakukan setiap Sabtu pagi, Ikhsan berharap dukungan dari komunitas ini bisa mendorong mereka mencari nafkah yang halal bagi keluarganya, juga menjadi pahala bagi anggota komunitas Share.

AYO BACA : 3 Berita Populer 29 Oktober

Lebih lanjut ia menjelaskan, komunitas ini hanya sebagai jembatan bagi donatur yang ingin bersedekah.

Berapapun nominal yang akan didonasikan, Share dengan senang hati akan menyalurkan donasi tersebut dalam bentuk makanan.

“Sebenernya simpel, Share ini hanya sebagai penyambung bagi orang yang punya uang untuk berdonasi, kita konversi menjadi makanan lalu kita bagikan,” Jelas Ikhsan.

Tak hanya kegiatan berbagi setiap Sabtu pagi, komunitas Share juga melakukan kegiatan tarbiyyah atau belajar secara berkelanjutan. Tujuannya agar para share squad–sebutan untuk anggota komunitas Share–dapat memahami esensi berbagi yang mengacu pada Alquran.

Kedepannya, Share sudah menyiapkan lima program baik bagi para pengurus maupun anggota seperti pogram tahsin, fotografi, public speaking, bisnis, dan desain grafis. Besar harapan Ikhsan supaya komunitas Share bisa lebih besar dan dikenal banyak orang. 

“Lebih banyak lagi orang-orang yang terinspirasi dari kegiatan kami dan harapannya di setiap kota juga ada kegitan seperti ini,” tutupnya.

AYO BACA : Selesai Direnovasi, Futsal di Taman Persib Makin Asik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar