Yamaha Mio S

40 Perusahaan Ramaikan ITB Integrated Career Days 2018

  Minggu, 28 Oktober 2018   Dadi Haryadi
Ratusan pencari kerja memadati ITB Integrated Career Days 2018 yang berlangsung 27-28 Oktober di Aula Barat dan Aula Timur, Kampus ITB, Jalan Ganesha Nomor 10, Kota Bandung. (Istimewa)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 40 perusahaan terkemuka nasional maupun multinasional ikut meramaikan ITB Integrated Career Days 2018 yang berlangsung 27-28 Oktober di Aula Barat dan Aula Timur, Kampus ITB, Jalan Ganesha Nomor 10, Kota Bandung. Perusahaan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) mendominasi hingga 30%, sisanya perbankan, manufaktur, pendidikan, pertambangan, dan lainnya.

AYO BACA : Wisokto ITB 2018, Bukan Sekadar Syukuran Wisuda

Direktur ITB Career Center, Bambang Setia Budi menuturkan, perusahaan yang bergabung pada event kali ini cukup beragam. Namun, menurutnya paling banyak adalah pekerjaan yang berkaitan dengan digital, dimana hal ini sesuai dengan kondisi dan perkembangan saat ini.

AYO BACA : JAV ITB Pertahankan Gelar Cyber Jawara

“Jika di tahun-tahun sebelumnya banyak peserta booth yang berasal dari bidang usaha perminyakan,  pertambangan, eksplorasi kekayaan bumi, di tahun ini kebanyakan yang besar-besar didominasi oleh start-up company yang lekat dengan bisnis dunia digital. Semua bidang usaha dengan kombinasi digital yang paling dominan. Selain itu juga dari perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, perbankan, transportasi dan pendidikan,” jelasnya, Minggu (28/10/2018).

Dia menjelaskan saat ini banyak bidang pekerjaan yang hilang atau berkurang, namun juga banyak bermunculan jenis pekerjaan baru. Untuk menjawab tantangan tersebut, seorang tenaga kerja harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, memahami potensi dan kekurangan diri, melatih softskill, memahami perkembangan zaman, dan mampu beradaptasi dengan teknologi informasi.

Sementara itu, Ketua Lembaga Kemahasiswaan ITB, Sandro Mihradi mengatakan, event ini menjadi ajang bertemunya SDM lulusan ITB dan perguruan tinggi lainnya, yang diharapkan bisa memperpendek waktu tunggu kerja, dan memperbesar link and match antara dunia pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Pada sisi lain, dunia usaha dan industri juga segera mendapatkan SDM yang profesional dan berkualitas serta memiliki motivasi yang kuat untuk tumbuh dan berkembang.

“Acara ini dilaksanakan sebagai bagian dari tanggung jawab institusi dalam memfasilitasi dan menjamin terserapnya para lulusan ITB khususnya di lapangan pekerjaan yang ada, sehingga mempersingkat waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini waktu tunggu rata-rata lulusan ITB untuk mendapatkan pekerjaan pertama adalah 3 bulan,” bebernya.

AYO BACA : ITB Kembangkan Katalis Produksi Dalam Negeri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar