Yamaha Aerox

Seniman Ini Mencangkok Separuh Wajahnya dengan Mesin

  Sabtu, 27 Oktober 2018   Nur Khansa Ranawati
Joe Dekni mencangkok sebagian wajahnya dengan mesin.(id-Barcelona

BARCELONA, AYOBANDUNG.COM-- Seorang seniman asal Barcelona, Joe Dekni (22), belum lama ini menanam organ baru yang dilengkapi dengan biosonar di tulang pipinya.

Biosonar atau ekolokasi adalah sonar biologi yang digunakan sejumlah binatang untuk mengeluarkan bunyi dan mendengar pantulan bunyi tersebut dari objek-objek di sekitar.

Beberapa binatang yang memiliki biosonar di antaranya adalah kelelawar, paus, dan lumba-lumba. 

Sebagaimana yang dilansir dari i-D Barcelona, Sabtu (27/10/18), Dekni melakukan hal tersebut guna mendapatkan kemampuan indra ke-enam. Dibantu oleh Lembaga Masyarakat Transpecies  Barcelona, dirinya kini disebut sebagai manusia cyborg alias setengah robot.

"Saya tertarik dengan gagasan bisa melihat hal mistik yang tak kasat mata. Saya mengandalkan ekolokasi, sebagaimana yang telah dimiliki secara alami oleh kelelawar dan lumba-lumba," ungkapnya.

Sebagai seniman, dia memamerkan proses tersebut pada gelaran yang dihadiri seniman lain juga manusia cyborg pertama, Neil Harbisson, yang terkenal karena memanam antena di tengkorak kepalanya.

Seusai proses operasi, Dekni mengatakan bahwa operasi tersebut sakit sekaligus menyenangkan.

"Hal pertama yang saya rasakan ketika menerima getaran adalah rasa terbakar bersamaan dengan rasa puas, mirip dengan memasang tato, namun lebih intensif.Kemudian saya merasakan kebahagiaan dan rasa sakit pada saat yang sama," ungkapnya.

Dia menyimpulkan bahwa hal yang ia lakukan bukan tidak mungkin akan mampu digunakan oleh orang banyak.

"Mungkin, di masa depan, ini akan membantu orang lain untuk memfasilitasi atau meningkatkan kehidupan mereka, yang pada akhirnya menjadikan orang sebagai bagian dari kemajuan," jelasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar