Yamaha NMax

Berita Pilihan: Persib Balik Bandung

  Sabtu, 27 Oktober 2018   Rizma Riyandi
Skuat Persib Bandung. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung mulai menjalani latihan perdana usai melalui laga nomaden di beberapa daerah. Teranyar, Persib Bandung harus bertandang ke markas PSM Makassar pada pekan ke-27 Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalata, Rabu (24/10/2018).

Para Pengawa Maung Bandung mulai menjalani latihan harian di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (26/10/2018). Sebelumnya mereka tiba di Kota Kembang, Kamis (25/10/2018) sore yang disambut ratusan bobotoh.

Meski dalam kondisi sedikit kelelahan, Pelatih Persib Bandung Mario Gomez mengaku para pemain Persib dalam kondisi yang cukup baik.

"Kondisi para pemain baik. Kita latihan ini belum dapat memainkan Hariono karena sedikit kelelahan otot paha. Tapi Mungkin besok dia dapat bermain dan normal kembali," ungkap Gomez usai latihan.

Sementara itu, diakui Gomez, ada beberapa pemain yang absen pada latihan kali ini. Mereka di antaranya Supardi Nasir, Victor Ibgonefo, dan Mochamad Al Amin Syukur Fisabillah.

"Saya memberi mereka satu hari libur karena mereka bermain tiap waktu, terutama Supardi dan Victor. Untuk Sabil dia absen latihan karena kakeknya meninggal. Tapi mereka akan datang besok," lanjut Gomez.

AYO BACA : Ini Alasan Gomez Pilih Stadion Batakan untuk Jamu Bali United

Sementara itu, Gelandang Persib, Dedi Kusnandar, dipastikan bakal mendapatkan sederet perawatan medis usai mengalami cedera patah tulang fibula. Cedera ini terpaksa Dedi alami usai berbenturan dengan pemain PSM, Rizky Pellu, pada laga di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani menyebut, perawatan yang akan Dado jalani memakan waktu 12 sampai 16 minggu.

"Secara terori recovery-nya 12-16 minggu. Penanganan medis ini, tetap kalau fraktur direposisi dan dimobilisasi," ungkap Raffi di Stadion si Jalak Harupat, Jumat (26/10/2018).

Diakui dokter berparas Arab ini, cedera Dado merupakan cedera yang cukup serius. Alhasil penyembuhan cedera fibula harus dilakukan proses fiksasi hingga reposisi pada tulang.

"Ini kan yang patahnya tulang fibula jadi dia difiksasi tulang yang besarnya. Paling dimobilisasi saat sudah tidak ada nyeri, langsung dilakukan latihan supaya bagian otot di sekitar tulang patah yang mengalami trauma membaik," papar Raffi.

Sementara itu, merunut ke belakang, diakui Raffi, cedera yang menimpa Dado ini serupa dengan cedera yang dialami Kim Jeffrey Kurniawan musim lalu. Saat itu, Kim mengalami cedera patah tulang fibula kaki kiri usai ditebas pemain Persija Jakarta, Rudi Widodo, November 2017.

AYO BACA : Cedera Serius, Dokter Persib Ungkap Sederet Perawatan Medis Dado

"Ini sama kayak cedera Kim, sama di tulang fibula. Tapi kalau Kim, dia 1/3 lebih atas (bagian kaki), sedangkan Dedi di bagian tengah," lanjutnya.

Oleh sebab itu, menyikapi kondisi ini, tim medis Persib, menurut Raffi, telah menyiapkan sederet antisipasi perawatan intensif bagi Dado. Terlebih mereka pengharapkan penyembuhan yang cepat dari pria asal Jatinangor, Sumedang itu.

"Sudah saya antisipasi. Sebetulnya pada saat penanganan Kim ada keterlambatan pembentukan tulang Kim dari respons badannya sendiri sama saat proses penyembuhan ada infeksi jadi perlu waktu yang lebih lama. Tapi untuk Dedi mudah-mudahan lebih cepat daripada 12 sampai 16 minggu karena bagian otot di sekitar area cederanya bagus," pungkas Raffi.

Bergegas lupakan kekalahan dari PSM, Persib Bandung bakal fokus menatap persiapan menghadapi laga kontra Bali United, Selasa (30/10/2018). Laga Persib vs Bali United ini rencananya bakal digelar di Stadion Batakan, Balikpapan.

Pelatih Persib Bandung Mario Gomez mengakui skuat Maung Bandung bakal kembali menjadi tuan rumah di stadion orang. Pasalnya laga kandang usiran ini imbas sanksi yang diterima Persib dari Komdis PSSI.

"Kontra Bali United ini kita main di Stadion Batakan, Balikpapan. kami akan coba. Karena ini yang harus kita lalui. Mungkin dengan Medan di Bali. Dengan Bhayangkara FC di Stadion Bhayangkara," ungkap Gomez di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (26/10/2018).

Pelatih berkebangsaaan Argentina itu juga menyebut skuat Maung Bandung bakal berangkat ke Balikpapan pada 28 Oktober 2018.

Dalam laga kali ini, Gomez mengakui Pangeran Biru masih "pincang" lantaran harus ditinggalkan dua pilar asingnya yakni Jonathan Bauman dan Ezechiel N'Douassel.

"Kita ke Balikpapan 28 Oktober, Sabtu kita udah di sana, dan Minggu paginya sudah (latihan) di stadion. Walaupun kita akan lawan Bali United tapi Ezechiel dan Bauman masih absen. Bauman karena kartu merah dengan minimum 1 gim tidak main," lanjutnya.

AYO BACA : Tiba di Bandung, Persib Mulai Latihan di Stadion Si Jalak Harupat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar