Yamaha Mio S

Cedera Serius, Dokter Persib Ungkap Sederet Perawatan Medis Dado

  Jumat, 26 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani (ayobandung.com/Anggun Nindita)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Gelandang Persib, Dedi Kusnandar, dipastikan bakal mendapatkan sederet perawatan medis usai mengalami cedera patah tulang fibula. Cedera ini terpaksa Dedi alami usai berbenturan dengan pemain PSM, Rizky Pellu, pada laga di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Rabu (24/10/2018).

Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani menyebut, perawatan yang akan Dado jalani memakan waktu 12 sampai 16 minggu.

AYO BACA : Cedera Serius, Gomez: Dedi Kusnandar Perlu Istirahat Lama

"Secara teroriĀ recovery-nya 12-16 minggu. Penanganan medis ini, tetap kalau fraktur direposisi dan dimobilisasi," ungkap Raffi di Stadion si Jalak Harupat, Jumat (26/10/2018).

Diakui dokter berparas Arab ini, cedera Dado merupakan cedera yang cukup serius. Alhasil penyembuhan cedera fibula harus dilakukan proses fiksasi hingga reposisi pada tulang.

AYO BACA : Ini Alasan Gomez Pilih Stadion Batakan untuk Jamu Bali United

"Ini kan yang patahnya tulang fibula jadi dia difiksasi tulang yang besarnya. Paling dimobilisasi saat sudah tidak ada nyeri, langsung dilakukan latihan supaya bagian otot di sekitar tulang patah yang mengalami trauma membaik," papar Raffi.

Sementara itu, merunut ke belakang, diakui Raffi, cedera yang menimpa Dado ini serupa dengan cedera yang dialami Kim Jeffrey Kurniawan musim lalu. Saat itu, Kim mengalami cedera patah tulang fibula kaki kiri usai ditebas pemain Persija Jakarta, Rudi Widodo, November 2017.

"Ini sama kayak cedera Kim, sama di tulang fibula. Tapi kalau Kim, dia 1/3 lebih atas (bagian kaki), sedangkan Dedi di bagian tengah," lanjutnya.

Oleh sebab itu, menyikapi kondisi ini, tim medis Persib, menurut Raffi, telah menyiapkan sederet antisipasi perawatan intensif bagi Dado. Terlebih mereka pengharapkan penyembuhan yang cepat dari pria asal Jatinangor, Sumedang itu.

"Sudah saya antisipasi. Sebetulnya pada saat penanganan Kim ada keterlambatan pembentukan tulang Kim dari respons badannya sendiri sama saat proses penyembuhan ada infeksi jadi perlu waktu yang lebih lama. Tapi untuk Dedi mudah-mudahan lebih cepat daripada 12 sampai 16 minggu karena bagian otot di sekitar area cederanya bagus," pungkas Raffi.

AYO BACA : Kembali Merumput, Bojan Malisic: Saya Lapar Ingin Persib Menang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar