Yamaha Mio S

Tak Ada Penahanan Lisensi, Persib Tetap Kantongi Predikat Klub Profesional

  Selasa, 23 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bobotoh Persib. (irfan al faritsi/ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Persib tetap mengantongi predikat Klub Profesional. Hal ini menyikapi posisi Persib yang nyaris sempurna dalam hal Lisensi Klub Profesional setelah permohonan banding satu kategori diterima oleh Club Lisensing Appeal Committee (CLAC).

Sebagaimana yang diumumkan PT Persib Bandung Bermartabat sebelumnya dalam Surat Keputusan Club Lisensing Committee (CLC) Nomor: 002/CLC-PSSI/X/2018, Persib kembali mendapat predikat Klub Profesional setelah lolos 47 kategori dari 49 kategori penilaian Club Lisensing Committee.

Dua kategori yang tidak dinyatakan lolos adalah pada Kriteria C, tepatnya kategori Club Technical Director dan Club Youth Academy. Kategori inilah yang dibanding oleh Persib karena Diklat Persib yang diciptakan sejak 2013 lalu memang berada di bawah PT Persib Bandung Bermartabat.

Permohonan banding Persib yang dituangkan dalam surat Nomor 21/DIR-PBB/X/2018 tertanggal 17 Oktober itu juga telah diteruskan oleh CLC yang diketuai Timmy Setiawan kepada CLAC.

Selanjutnya, berdasarkan Surat Putusan bernomor 003/CLAC/PSSI/X/2018 yang ditandatangani Ketua CLAC Emmy Yatmini, CLAC memutuskan menerima permohonan banding Persib dan memerintahkan kepada Club Licensing Department untuk memberikan salinan surat keputusan kepada Komite Eksekutif PSSI.

"Dengan keputusan CLAC tersebut, Persib tetap mendapatkan predikat Klub Profesional dan dinyatakan lolos 48 dari 49 kategori penilaian dalam 3 kriteria," dinukil dari laman resmi Persib.

Informasi yang disampaikan sekaligus mengklarifikasi beberapa berita yang menyebut PT Liga Indonesia Baru menangguhkan lisensi Persib. Penangguhan dari PT LIB hanyalah untuk pengumuman.

AYO BACA : PT LIB Klarifikasi Kabar Penahanan Lisensi Persib Bandung

Sementara itu, Chief Operating Officer PT LIB Tigor Shalom Boboy menegaskan, tidak ada penahanan lisensi Persib Bandung dan beberapa klub profesional Liga 1 lainnya.

"Kami klarifikasi tidak ada yang menahan lisensi. Bisa dicek ke Persib jika lisensi untuk mereka sudah diberikan dari 15 Oktober 2018," ungkap Tigor kepada Ayobandung.com, Selasa (23/10/2018).

Dirinya menambahkan bahwa pernah berbicara ke media beberapa hari lalu untuk mengumumkan. "Tapi enggak pernah kami tahan lisensi," tambahnya.

Menurut Tigor, terdapat kesalahpahaman terkait pernyataannya saat ditemui awak media di kantor PT LIB.

Mispersepsi ini, dikatakan Tigor, menyangkut pula soal Persib Bandung yang mengajukan banding soal lisensi klub profesional AFC lantaran masih harus ada beberapa syarat yang harus dilengkapi.

"Persib itu kategorinya sudah lolos semua. Tapi memang ada kriteria C yang mereka mau lengkapi. Jadi mereka menggunakan mekanisme banding untuk melengkapi kriteria C. Tapi selebihnya mereka lolos. Nggak dibanding pun mereka (Persib) sudah lolos sempurna kalau dikatakan," lanjutnya.

Bukan hanya itu, Tigor memastikan Persib Bandung tanpa melakukan banding pun sudah dinyatakan lolos lisensi sebagai klub profesional AFC.

"Jadi mungkin saya pikir pemberitaan di media saja yang kemudian menjadi isu besar. Nggak ada penahanan. Kami tahan waktunya, bukan lisensinya yang ditahan," tegasnya.

AYO BACA : Akhirnya, Persib Kantongi Lisensi Klub Profesional AFC

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar