Yamaha

Batik Ciwaringin Cirebon Andalkan Pewarna Alami agar Lebih Menawan

  Senin, 22 Oktober 2018   Faqih Rohman Syafei
Seorang pebatik asal Ciwaringin Cirebon.
CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Batik merupakan kain khas Nusantara yang konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Masing-masing daerah di Nusantara memiliki motif dan corak khasnya.
 
Cirebon dikenal sebagai penghasil batik di Jawa Barat. Salah satu batik yang cukup dikenal yaitu batik Ciwaringin, produk kerajinan dari Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. 
 
Perajin batik Ciwaringin, Muassomah, mengatakan, batik Ciwaringin memiliki keunikan dibandingkan dengan batik lainnya di Cirebon. Selain dari motif yang berbeda, pewarnaannya pun beda karena memakai bahan-bahan alami.
 
Bahan alami tersebut di antaranya memakai kayu, daun-daunan, kulit buah duren, buah mangga, kayu mahoni, kayu randu, serabut kelapa, dan lainnya.
 
"Batik Ciwaringin warnanya alami dari bahan-bahan yang ada di sekitarnya. Tentunya dengan memanfaatkan semua unsur alam yang ada," katanya beberapa waktu lalu.
 
Menurutnya, pengunaan bahan-bahan alami pewarnaan batik bertujuan agar lebih ramah lingkungan dan tahan lama. Selain itu, dari aspek warnanya pun lebih terlihat alami.
 
"Bedanya, pakai warna dari bahan alami agar lebih ramah lingkungan," kata Muassomah.
 
Muassomah menjelaskan usaha kain batik yang dimilikinya sudah berjalan selama delapan tahun. Sementara itu, untuk motif dan corak pada batik Ciwaringin relatif lebih fleksibel.
 
"Satu batik bisa dikerjakan selama satu bulan lamanya. Motif dan corak terkadang dapat inspirasi dari pembelinya dan terkadang dari pemikiran sendiri," katanya. 
 
Dia menambahkan satu kain batik Ciwaringin harganya beragam, tergantung dari bahan dan kerumitan pembuatannya. "Dijual dari Rp400.000 sampai Rp2,5 juta. Beda dari kualitas detail batiknya," pungkasnya.

AYO BACA : Batik dari Nelson Mandela, Clinton, Putin hingga Bill Gates

AYO BACA : Menengok Mural Asian Games dan Persib di Jalan Batik Jogja

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar