Yamaha Aerox

AYO PEMUDA: Milangkala ke-2 Hayu Maca, Tumbuhkan Literasi Anak Lewat Dongeng

  Senin, 22 Oktober 2018   Rizma Riyandi
Mang Idon, salah satu pegiat komunitas Hayu Maca mendongeng empat dimensi di depan anak-anak di acara milangkala ke-2 Hayu Maca di Taman Kartini Jl. Baros No. 6, Kelurahan Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Minggu (21/10/2018). (Yudianto Nugraha)

 

CIMAHI TENGAH, AYOBANDUNG--Menyambut datangnya Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang, Tim Ayobandung.com sengaja menyajikan tulisan bertajuk AYO PEMUDA yang berisi mengenai komunitas pemuda. Tulisan ini dibuat untuk menginspirasi masyarakat Indonesia bahwa masih banyak pemuda yang peduli kepada sesama, menyebarkan hal positif, dan kebaikan di tengah-tengah kita.

AYO PEMUDA pertama akan mengulas tentang Komunitas Hayu Maca.

Komunitas Hayu Maca menggelar acara milangkala yang ke-2 di Taman Kartini Jalan Baros No. 6, Kelurahan Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Minggu (21/10/2018).

AYO BACA : Shiru Cafe Ajak Mahasiswa Bayar Kopi Pakai Data

Berawal dari inisiatif tiga orang pendirinya, yang melihat rendahnya tingkat literasi di Indonesia, komunitas ini berdiri dan bergerak di bidang membaca dan menulis. Setiap Minggu mereka rutin menggelar lapak baca di ruang terbuka hijau Taman Kartini dengan kegiatan baca tulis untuk anak-anak sekaligus ruang bermain dan belajar bersama.

Dalam acara milangkala ke-2 ini, Hayu Maca mengusung tema Today a Reader, Tomorrow a Leader. Berbagai macam penampilan turut memeriahkan acara ini, yaitu sisingaan, pencak silat, donasi buku, tarian anak, bincang literasi, dongeng empat dimensi (4D), cosplay tokoh dalam buku, doodle aplikatif, dan hiburan badut sulap Cimahi.

Ketua pelaksana Hari menuturkan butuh kurang dari satu bulan untuk mempersiapkan acara milangkala tersebut.

"Kita butuh dukungan berbagai stakeholder seperti relawan, donatur, dan pemerintahan agar acara ini terwujud," ucap Hari saat ditemui Ayobandung.com, Minggu (21/10/2018).

AYO BACA : Gaya Kreatif Cinambo Bangun Gerakan Literasi

Di samping itu, acara ini juga dihadiri langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna sekaligus memotong kue ulang tahun sebagai simbolis. Ajay berharap, dengan adanya Hayu Maca anak-anak di Kota Cimahi lebih gemar lagi membaca, tidak hanya buku pelajaran tetapi berbagai macam buku.

"Terima kasih kepada pemerkasa dan pegiat Hayu Maca, semoga Hayu Maca ke depan terus digalakan dan kami pemerintah kota siap men-support-nya," ucap Ajay diakhir sambutannya.

Yeni (34), salah satu penggiat Hayu Maca, mengatakan, dalam menumbuhkan motivasi anak untuk membaca buku salah satunya adalah dengan dongeng.

"Di sini setiap minggu orang tua membacakan buku kepada anaknya, itu merupakan suatu momen yang langka saat ini dan itu kita konsisten selama dua tahun. Gimana biar anak tertarik membaca buku kita beri mereka dongeng, baru dari sana kita beri tahu bukunya di sini loh akhirnya anak-anak mau membaca," katanya.

Yeni berharap di usia dua tahun ini, Hayu Maca bisa lebih dikenal oleh masyarakat dengan literasinya, dan masyarakat Kota Cimahi khususnya anak-anak lebih melek buku.

Selain itu, tambah Yeni, setidaknya dengan konsisten membuka lapak setiap Minggu, Hayu Maca masyarakat bisa lebih ingin tahu dunia melalui buku.

"Lebih termotivasi lagi untuk intinya membaca buku dulu saja," katanya.

AYO BACA : Pemkab Bandung Barat Dukung Gerakan Literasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar