Yamaha Lexi

5 Kopi Moka Enak di Bandung

  Kamis, 18 Oktober 2018   Fathia Uqimul Haq
Es Moka Contou (Ayobandung.com /Fathia Uqimul Haq)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Mulai 2018, Kota Bandung "ditumbuhi" kedai kopi. Pelan-pelan, para pengusaha menaruh harapan di Kota Kembang dengan menjual secangkir kopi dari biji nusantara. Akibatnya, semakin hari kedai kopi semakin menjamur. Mulai dari konsep kafe yang kekinian, apa adanya, hanya sepetak rumah, hingga kedai kopi elegan di tengah kota. 

Tidak semua kafe menyediakan aneka kopi dan variasinya. Jika beruntung, bagi yang tidak menyukai kopi dengan tingkat keasaman dan rasa pahit yang belum bersahabat, beberapa kafe membuat varian espresso dengan susu supaya cocok di lidah awam. 

Bagi pencinta coklat, siapa yang bisa menolak espresso, susu, dan coklat. Di dunia perkopian, kopi ini dikenal dengan kopi moka. Namun, tidak semua kafe dapat menyajikan moka yang benar-benar terasa kopi, susu, dan coklatnya. 

Setelah mencicipi kopi moka di berbagai kafe di Kota Bandung, ayobandung.com merangkum kopi moka terbaik yang tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Berikut rekomendasi kami untuk meneguk segelas kopi moka terbaik di Bandung:

1. Contou

Untuk menemukan Contou mungkin agak susah. Soalnya, tempatnya menjorok ke dalam dan di antara dua toko besar di Jalan Sunda. Contou berlokasi di sebuah rumah tua kecil yang disulap vintage dan hangat. Tak seperti kedai pada umumnya, Contou memiliki bentuk kedai persegi panjang. Halaman depan rumah itu diisi dengan beberapa bangku besi, tribun yang menempel di sisi kiri, serta dinding bermural yang membuat Contou semakin bersahabat. 

Moka buatan Contou bisa dikatakan paling terasa kopi, moka, dan coklatnya. Dengan harga Rp25.000 untuk satu gelas es moka, rasanya sulit untuk tidak menambah pesanan. Apalagi es moka Contou juga bisa ditambah dengan stroberi atau varian coklat Blitar dan Bali. Contou buka dari 08.00 WIB. 

2. Skola

Di Jalan Buah Batu menuju arah Jalan Karapitan, terdapat sebuah rumah bergaya lama. Rumah ini disulap menjadi kedai berkonsep sekolah. Dengan logo lonceng, Skola menjadi tempat yang hangat untuk reuni dengan sahabat SMA. Di setiap pintunya, terdapat papan nama semisal Ruang Tata Usaha, Ruang Kelas, atau Ruang Bimbingan dan Konseling. 

Menu yang terpampang lebar di sebuah papan tulis menunjukkan betapa uniknya kedai satu ini. Apalagi ketika mencoba  minuman coklat yang bisa ditambah matcha, stroberi, hingga kopi. 

AYO BACA : Jangan Lewatkan! Jadwal SIM Keliling Hari Ini

Salah satu varian coklat yang bernama tunnel ini diduga campuran coklat dan kopi. Lantas, Kopi Tunnel bisa mendapat peringkat kedua sebagai kopi campuran coklat yang meluruhkan kekesalan hati sepanjang hari. Skola baru buka pukul 15.00 WIB. Oh ya, harganya Rp20.000 untuk satu gelas Kopi Tunnel.

3. Kawan Kopi

Berlokasi di belakang RS Borromeus, Kawan Kopi dapat disebut sebagai kedai hangat yang berukuran kecil. Meski terpencil, Kawan Kopi memiliki Moka yang cukup bulat rasanya--alias tidak hambar akibat terlalu banyak air. Paduan kopi dan coklatnya cukup terasa menyegarkan usai bekerja seharian. 

Kawan Kopi akan menjadi kawan setia setelah ini. Kawan Kopi beroperasi pukul 15.00-23.00 di hari biasa. Namun pada Sabtu dan Minggu, Kawan Kopi menemanimu mulai pukul 09.00 sampai 23.00 WIB. Lokasinya di Jalan Imam Bonjol No. 48 Bandung. 

4. Lacamera 

Tepat di sebelah Clicksquare Jalan Naripan, terdapat sebuah kafe bernama Lacamera. Kendati mereka menjual aneka kudapan, Lacamera juga punya aneka kopi dengan berbagai macam metode pembuatan. Tersebutlah moka di menu tersebut yang dibanderol sekitar Rp30.000-an, karena harga di sini belum termasuk pajak dan servis. 

Bisa dikatakan moka buatan Lacamera cukup terasa. Ada coklat yang masih mengendap di bawah gelas, membuat rasa manis dan kopi memadu jadi satu di kerongkongan. Tempatnya yang cukup luas cocok juga buat para ibu yang membawa balita. Lacamera punya tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama geng atau kerabat.

5. Kopi Malaka

Berada di Jalan Cimandiri, tepat di pinggir Gedung Sate, ada salah satu kafe yang menyatu dengan toko roti. Interior yang hangat bak di sebuah tempat pembuatan roti membuat Kopi Malaka semakin nyaman. Tempat duduk yang terbuat dari kayu dan sofa empuk menjadikan suasananya tenang. Untuk berfoto, Kopi Malaka bisa jadi pilihan tepat. 

Beralih pada kopi moka yang disuguhkan, Kopi Malaka seperti tidak menaruh coklat pada gelasnya. Namun, kopi dan susunya dapat dikatakan baik sebab tak berkompetisi dengan air. Seperti ada butiran kopi yang mengambang, atau mungkin coklat. Namun, Kopi Malaka dapat dikatakan masih bisa diterima karena kopi dan susunya masih terasa penuh. 

AYO BACA : Bandung Pisan: Keren, di Mandalajati Sampah Bisa Buat Bayar PLN dan PDAM

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar