Yamaha Mio S

Photos'Speak, Tuangkan Keresahan Melalui Visual Fotografi

  Selasa, 16 Oktober 2018   Andres Fatubun
Sejumlah anggota Komunitas Photos’ Speak berfoto bersama saat penutupan pameran ‘9 Kategori Foto Jurnalistik” di Teras Cikapundung, Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Minggu (1/7/2018). (Yudianto Nugraha)

CIBIRU, AYOBANDUNG.COM--Photos’ Speak, merupakan komunitas fotografi jurnalistik yang dibentuk oleh jurusan Ilmu komunikasi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung.  

Komunitas ini bermula dari keresahan sejumlah mahasiswa karena penebangan pohon yang ada di kampus UIN SGD Bandung. Keresahan tersebut mereka visualisasikan melalui media fotografi. 

Mendengar banyaknya pecinta fotografi di jurusan tersebut, melalui perbincangan panjang akhirnya tercetuslah nama Photos’ Speak pada 1 November 2011 yang didirikan oleh Fajri Achmad dan Yoga yang merupakan mahasiswa jurusan Jurnalistik UIN Bandung. 

Photos’ Speak mempunyai kegiatan mingguan sampai tahunan yang rutin diadakan. 

“Untuk kegiatan mingguan kami mengadakan Ngopi (Ngobrol Fotografi) setiap Rabu malam, kalau tahunan kita adain pameran foto, open recruitment, dan pergantian ketua” ujar Syawal Febrian, kepala suku (sebutan ketua komunitas) Photos’ Speak saat ditemui AyoBandung (16/10/2018). 

Sudah tujuh tahun berlalu dan sampai saat ini Photos’ Speak masih eksis dengan berbagai karyanya. 

Saat ini Photos’ Speak beranggotakan 98 orang yang mayoritas merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalitik UIN SGD Bandung. 
\nSudah banyak prestasi yang telah ditorehkan Photos’ Speak secara individu, dan sudah banyak pula yang berprofesi menjadi fotografer di berbagai media massa baik regional dan nasional.

“Sampai sekarang kami sudah enam kali mengadakan pameran fotografi yang murni kami adakan sendiri, pernah juga ngadain pameran bekerja sama dengan pihak lain”, ucap Syawal. 

Menurut rencana, Photos’ Speak akan kembali mengadakan pameran foto jurnalistik kategori Story pada 23 November 2018 di Gedung Bandung Creative Hub dengan mengusung tema Spirit. 

“Kami mengusung tema ini dengan harapan pameran foto ini bisa menularkan semangat dalam hal apapun”, ungkapnya.

Syawal berharap, ke depannya  bisa lebih berkembang, fokus dan bisa bermanfaat bagi khalayak melalui visualnya.

Bagi pembaca yang ingin melihat hasil karya Photos’ Speak bisa mengunjungi website www.photosspeak.net, dan untuk sosial media instagram @photossspeak_net. (Yudianto Nugraha)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar