Yamaha Aerox

Ini Alasan Ridwan Kamil Ingin Segera Selesaikan Program Danau Buatan

  Jumat, 12 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera menyelesaikan penanganan sungai Citarum dan krisis air bersih. Salah satunya dengan mencanangkan rencana lokasi pembangunan danau buatan serupa Kolam Retensi Cieunteung di Kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, rencana pembangunan berbagai danau buatan ini akan dimulai dengan mencari lahan kosong di sekitar Sungai Citarum untuk dibeli dan diusulkan menjadi danau buatan.

AYO BACA : Kekurangan Air, Warga Keluhkan Pelayanan PDAM Tirtawening

"Ini akan membuat air hujan tertampung. Intinya ada sinergi kebutuhan masyarakat dengan suplai. Karena kebutuhan air di masyarakat ini masih setengahnya dan belum terlayani sehingga masih ada masyarakat membeli air," papar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jumat (12/10/2018).

Rencana pembangunan danau buatan ini, kata Emil, diharapkan bisa menghadirkan solusi krisis air bersih. Pasalnya kondisi ini menyikapi kekeringan di berbagai area termasuk waduk, sungai, hingga persawahan.

AYO BACA : Apartemen Diduga Jadi Dalang Kekeringan di Cicendo

"Karena saya lihat dari pantauan udara juga waduk kering debit airnya turun, sungai kering, sawah kering, sehingga tidak ada pilihan lain. Prediksi dari BMKG juga (musim hujan) baru November, itu pun kalau prediksinya iya, kalau meleset bisa darurat. Maka sebelum darurat saya ambil keputusan," katanya.

Emil juga mengaku keputusan membangun proyek pembangunan danau buatan ini diyakini akan dirasakan dalam waktu jangka panjang. Selain itu, diharapkan dengan kehadiran danau buatan tersebut air pada musim penghujan tidak langsung ke laut.

"Makanya kalau ada danau air lebih dulu tertampung di danau tersebut sebagai air cadangan. Semisal danau Gedebage juga kan sudah 80% berbarengan dengan proyek masjid. Sehingga kalau air mencukupi tidak akan terjadi situasi seperti ini," tandasnya.

AYO BACA : Atasi Krisis Air, Jabar Gagas Teknologi Modifikasi Cuaca

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar