Yamaha NMax

Ini Penjelasan Singkat Tentang Hari Tanpa Bayangan

  Kamis, 11 Oktober 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Ilustrasi. (pixabay.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Hari Kamis (11/10/2018) Kota Bandung serta beberapa daerah di wilayah Pulau Jawa mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. Kejadian langka ini terjadi sekira pukul 11.36 WIB.

Fenomena alam ini tidak terjadi begitu saja. Menurut pembina Astromanda Klub, Nurlatifah Kalifah,  kejadian langka ini bisa ditemukan karena adanya deklinasi matahari yang posisinya sama dengan lintang suatu tempat tertentu.

AYO BACA : Kreatif, Cara Unik Santri MA Persis Manbaul Huda di Hari Tanpa Bayangan

“Matahari bergerak tidak hanya tepat terbit di timur lalu tenggelam di barat. Tapi kadang juga bergerak agak ke utara dan ke selatan. Sekarang kan matahari bergerak ke selatan. Ketinggian posisi saat ini sama dengan lintang Kota Bandung,” kata wanita yang juga merupakan guru mata pelajaran astronomi di Madrasah Muallimin Persatuan Islam Manbaul Huda.

Dijelaskan, pada hari ini matahari akan bergerak sampai titik tertinggi di suatu tempat. Ketika matahari tepat berada di titik tertinggi atau di atas kepala, maka sumber cahaya otomatis akan jatuh ke bawah.

AYO BACA : Yulia, Korban Tertabrak Truk Butuh Biaya Pengobatan

Selain di Bandung, fenomena ini juga ditemui di beberapa kota yang ada di Indonesia. Kejadian langka ini, disebutkannya hanya terjadi pada saat tengah hari di masing-masing waktu di wilayah tertentu.

“Nah fenomena ini lah yang disebut dengan Hari Tanpa Bayangan. Kalau bahasa astronominya adalah “kulminasi utama”. Mengapa utama? Sebab mataharinya benar-benar bergerak di atas kepala,” ucapnya.

Dirinya menambahkan kejadian ini merupakan fenomena rutin tiap tahun dan bisa terjadi di mana saja.

“Setiap tahun matahari itu seolah-olah bergerak dari utara ke selatan. Kalau dalam astronomi ini termasuk ke dalam materi gerak semu matahari,” tuturnya.

AYO BACA : Ini Penampakan Tubuh saat Hari Tanpa Bayangan Terjadi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar