Yamaha NMax

Pemkot Bandung Mitigasi Bencana ke Sekolah November

  Kamis, 11 Oktober 2018   Fathia Uqimul Haq
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Sihar Pandapotan dalam acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Kamis (11/10/2018).(Fathia/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah Kota Bandung akan memulai mitigasi bencana ke sekolah di daerah tersebut mulai November.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Sihar Pandapotan mengatakan mitigasi dilakukan sebagai tindakan preventif sebelum bencana terjadi.

"Permintaan penjelasan simulasi penanggulangan bencana frekuensinya meningkat baik dari sekolah, mal, badan hukum, dan lainnya,"  katanya, dalam acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Kamis (11/10/2018).

Hari ini, Diskar PB memiliki tiga undangan permintaan penjelasan tentang kebencanaan di TK. Bahkan, perusahaan swasta dan hotel mulai meminta simulasi kebencanaan mengingat bencana sedang terjadi akhir-akhir ini.

"Kami adalah instansi untuk menanggulangi bencana yang sudah ada. Sebaiknya dalam suatu bangunan diperlukan penanggung jawab tiap lantai. Nanti pengelola tersebut harus lebih mengerti bagaimana cara menyelamatkan penghuni mereka," ujarnya.

AYO BACA : Anak Alami Bencana Alam, Begini Kata Psikolog

Pengelola bangunan, lanjutnya, harus bisa mengarahkan penghuni ketika ada bencana. Meskipun secara teori sudah ada tanda dan jalur evakuasi,  biasanya orang ketika dalam keadaan panik menjadi tidak mengerti.

Program sosialisasi ke sekolah bertujuan supaya para orangtua pun ikut teredukasi. Penyampaian pun akan disesuaikan tingkatannya.

"Kalau untuk anak TK kita kasih dengan nyanyian, supaya menempel, dan mudah tersosialisasikan. Bagaimana menyelamatkan anak bentuknya interaktif," jelasnya.

Sihar berharap sekolah-sekolah dapat menyediakan waktu dan tempat supaya sosialisasi penanggulangan bencana dapat tersampaikan ke setiap lini. 

"Memungkinkan juga nanti pendidikan  kebencanaan bisa masuk ke kurikulum sekolah," kata dia.

AYO BACA : 10 Daerah di Kab Bandung yang Rawan Bencana

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar