Yamaha Mio S

Iwa Karniwa: Indonesia Bisa Jadi Negara Maju Ketiga di Dunia

  Rabu, 10 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa. (ayobandung.com/Eneng Reni)

AYO BACA : Pemkot Bandung Segera Tertibkan Aset di Tamansari

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk menjadi salah satu provinsi yang menopang kemajuan Indonesia. Berdasarkan hasil riset Pricewaterhouse Coopers (PwC), salah satu penyedia jasa auditor besar di dunia, posisi perekonomian Indonesia diprediksi berada di peringkat lima besar dunia pada 2030 dengan estimasi nilai Produk Domestik Bruto (PDB) US$ 5,424 miliar. Bahkan studi itu menunjukan 2045 Indonesia diprediksi menjadi negara maju nomor tiga terbesar di dunia setelah Amerika dan Tiongkok.

Melihat pontensi ini, Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa menyampaikan hal itu dapat terwujud dengan beberapa catatan. Di antaranya petumbuhan ekonomi Indonesia yang spartan setiap tahunnya 5% serta indikator dari produk domestik pun kini merangkak naik ke-16 terbesar di dunia. Adapun saat ini diakui Iwa, pertumbuhan ekonomi triwulan satu Jawa Barat sudah 6,02%.

"Kita akan coba cek lagi pertumbuhan ekonomi berikutnya. Mengingat rupiah kita terhadap dolar sudah di Rp15.000. Ini bukan sepenuhnya akibat fundamental eknomi kita tetapi terjadinya peran dagang antara Amerika dan China," ungkap Iwa di Gedung Sate Bandung, Rabu (10/10/2018).

Oleh karena itu solusi ke depan, menurut Iwa, pemerintah bakal meningkatkan cadangan devisa. Salah satu pertumbuhan ekonomi yang bisa terus digerek melalui infrastruktur. Pasalnya Iwa menyebut, Infrastruktur memang amat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Syarat ketiga adalah agar transisi Pemerintahan dapat berjalan dengan damai dan kondusif. Maka itu, Iwa berharap Pileg dan Pilpres 2019 nanti dapat berjalan dengan kondusif lancar.

Dengan begitu, Iwa meyakini di masa depan, generasi muda bisa menyaksikan Indonesia akan menjadi negara maju nomor tiga terbesar di Dunia. Mulai dari pertumbuhan ekonomi hingga transisi pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah di Provinsi Jawa Barat juga transisi Pemerintahan bisa berjalan dengan damai dan kondusif," pungkasnya.

AYO BACA : Psikolog: Cegah Bunuh Diri dengan Mencintai Diri Sendiri

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar