Yamaha Aerox

Bandung Pisan: Kecamatan Buah Batu Jaga Tradisi Kuliner Tradisional

  Selasa, 09 Oktober 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Pameran Kuliner Kecamatan Buah Batu. (ayobandung.com/Anggun Nindita)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Kecamatan Buah Batu fokus memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bidang kuliner sebagai salah satu potensi utamanya. Menurut Camat Buah Batu, Denny Sanny, dari sekitar 98 ribu warga Buah Batu, banyak yang berprofesi sebagai pengusaha kuliner.

“Yang membedakan dari kecamatan lainnya, di Kecamatan Buah Batu ini kebanyakan yang berkembang adalah olahan kuliner tradisional, seperti kue-kue basah, kerupuk, dan makanan bercitarasa lokal lainnya,” katanya saat ditemui di Kantor Kecamatan Buah Batu, Selasa (9/10/2018)

AYO BACA : Bandung Pisan: Tampil Gaya dengan Baju Residivist Streetwear

Mengingat warganya kebanyakan menggeluti usaha kuliner, tak heran di Kecamatan Buah Batu banyak ditemui sejumlah pasar kaget yang menjual kue-kue basah di Pasar Kaget Margahayu Raya dan Pasar Ciwastra.

Selain itu, sejumlah penganan yang ada di Kecamatan Buah Batu, diketahui merupakan usaha turun-temurun. Seperti usaha Ikan Pindang yang berada di Gang Neglasari, Kelurahan Cijawura.

AYO BACA : Bandung Pisan : Bandung Culture Ujungberung Bakal Tampil di Singapura

“Di Kelurahan Cijawura ada beberapa usaha kuliner yang sudah turun temurun. Selain Ikan Bandeng ada juga industri rumahan Kerupuk Udang yang digemari masyarakat,” ujarnya.

Berbagai acara pun diadakan oleh Kecamatan Buah Batu untuk semakin memajukan pelaku UMKM di bidang kuliner ini. Salah satunya adalah agenda Cijawura Food Karnaval, yang diselenggarakan pada Sabtu (6/10/2018) di kawasan Taman Margawangi.

Dalam acara tersebut, berbagai produk kuliner dari UMKM Kecamatan Buah Batu dijajakan. Tidak hanya kuliner tradisional yang menjadi andalannya saja, tapi makanan lainnya juga seperti  kue kering, cake, puding, burger mini, kue pastel, dan sebagainya.

Pihaknya juga rutin mengadakan pelatihan UMKM untuk warga agar semakin memajukan industri rumahan.

“Kami juga telah bekerja sama dengan kecamatan lainnya untuk masalah pembinaan dan pelatihan yang berkaitan dengan UMKM,” paparnya.

AYO BACA : Bandung Pisan: Kecamatan Lengkong Punya Kampung Wayang Urban

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar