Yamaha NMax

Pemprov Jabar Segera Sulap Pantai Pangandaran Jadi Wisata Kelas Dunia

  Senin, 08 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Eneng Reni N Jamil/ayobandung).

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar bakal menata ulang Pantai Pangandaran. Penataan ini agar menjadikan pantai teraebut lebih indah dan semakin diminati wisatawan. Konon, pantai di wilayah selatan Jawa Barat tersebut pun akan disulap setara Hawaii. 

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bahkan telah memamerkan rencana revitalisasi Pantai Pangandaran di akun instagram pribadinya @ridwankamil. Dalam postingannya itu, dia menyampaikan akan merevitalisasi dan menata Pantai Pangandaran untuk jadi wisata kelas dunia. 

\"Pantai Timur dan Pantai Barat akan kami desain sehingga di sana tidak terjadi kekumuhan, mau menengah atas, menengah bawah semua berinteraksi di sebuah penataan Pantai Pangandaran,\" kata Ridwan saat ditemui awak media di Gedung Sate, Senin (8/10/2018). 

Pria yang akrab disapa Emil itu pun sempat mengungkapkan beberapa pengalamannya saat melihat kecantikan pantai Hawaii. Karena itu, dia meyakini bisa menyulap pantai Pangandaran menjadi pantai  berkelas internasional. 

Selain itu, penataan Pantai Pangandaran ini akan diawali dengan proses pembuatan desain yang melibatkan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Menurutnya penataan Pantai Pangandara dilakukan supaya salah satu objek wisata favorit di Jabar bisa naik kelas. 

\"Penataannya gak susah. Yang penting kita ikuti pola yang kita akan desain. Dan, masyarakatnya juga mengikuti aturan. Karena lita harus naik kelas, dari penataan biasa-biasa menjadi luar biasa,\" sambungnya.

AYO BACA : Bupati Bandung: Pelaksanaan KB Kesehatan Akan Terus Dioptimalkan

Disinggung soal rancangan desain, Emil masih enggan membeberkan secara detail bentuk desain atau konsep yang bakal dibuatnya. Namun, Emil memastikan pihaknya akan meniru konsep pantai yang terbaik di dunia untuk diterapkan di pantai so wilayah selatan Jawa Barat itu.

\"Pokoknya (desain) pantai mana aja yang terbaik di dunia ini kami contoh dan tiru secara baik. Yang jelas sekarang masih di konsepkan belum bisa dirilis\" lanjutnya.

Dalam kesempatan berbeda kepada ayobandung.com, Bupati Pangandaran, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menyampaikan pengembangan pariwisata di Jabar bagian Selatan ini memang diharapkan bisa segera diakselerasi. Apalagi jika membahas potensi Pengembangan wisata Pangandaran khususnya penataan wilayah pantai barat dan pantai timur.

\"Ada tiga hal yang kami bahas, pertama pengembangan dan penataan Pantai Barat dan Pantai timur. Kedua, pembahasan rumah sakit, dan ketiga jalur penerbangan Jakarta-Pangandaran dan Bandung-Pangandaran,\" ungkap Jeje.

Menyikapi keinginan Pemprov Jabar, Jeje mengatakan kebijakan tersebut selaras dengan keinginannya menjadikan Pantai Pangandaran sebagai wisata kelas dunia. Sekaligus menjadi lebih menarik dan setara obyek wisata populer dunia.

\"Insya dari hasil pertemuan dengan pak Gubernur, pemprov akan menurunkan anggaran kurang lebih Rp40 miliar untuk Pengembangan wisata Pangandaran khususnya penataan wilayah,\" tuturnya.

AYO BACA : Genjot Pembangunan, Pemkab Bandung Gandeng 9 Perguruan Tinggi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar