Yamaha Mio S

Karut Marut Sepak Bola Indonesia Jadi Sorotan Media Italia

  Senin, 08 Oktober 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Salah satu pemain Persib ditandu ke luar lapangan karena cedera. (ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Sepak bola Indonesia disorot oleh sebuah koran nasional Italia. Adalah media Italia Corriere dello Sport yang mengangkat sepak bola Indonesia di salah satu artikelnya.

Hanya saja, media tersebut bukan memberitakan prestasi sepak bola Indonesia. Melainkan karut marut persepakbolaan dalam negeri.

Dengan mengangkat judul Violenza e corruzione in Indonesia: il calcio nel caos (Kekerasan dan korupsi di Indonesia: Sepak bola dalam kekacauan), media ini mengungkap sisi gelap keadaan sepak bola Indonesia.

Sosok pelatih Persib, Mario Gomez, menjadi salah satu narasumber dari berita yang diterbitkan, Minggu (7/10/2018). 

Artikel tersebut juga memuat foto Gomez yang mengalami luka di kepalanya akibat terkena lemparan pada saat laga Arema melawan Persib beberapa bulan yang lalu.

AYO BACA : Umuh Muchtar: Persib Siap Main di Serui atau Wamena

"Indonesia adalah tempat yang indah, tetapi situasi di sini tidak mudah," kata Gomez dalam laman tersebut.

Corriere dello Sport turut menyertakan video perilaku suporter yang tidak tertib saat pertandingan yang mempertemukan Arema dengan Persija di Stadion Kanjuruhan, Malang, beberapa waktu yang lalu.

Dalam artikel tersebut, Corriere dello Sport menceritakan pula tentang kekerasan yang terjadi di sepak bola Indonesia, salah satunya tentang kasus meninggalnya seorang suporter Persija, Haringga Sirila, pada saat big match Persib menghadapi Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Dua pekan lalu, dalam pertandingan melawan Jakarta (Persija), Haringga Sirla, 23, meninggal setelah sekelompok suporter Bandung (Persib) mengeroyoknya di dalam stadion," tulisnya.

Kemudian Corriere dello Sport juga memaparkan soal keluhan tentang kinerja PSSI dan PT LIB yang dianggap tidak kompeten menjalankan kompetisi Liga 1. Tak hanya itu, artikel ini juga mempertanyakan izin-izin klub yang menjadi kontestan di Liga 1. Diketahui, beberapa tim besar di Indonesia belum memiliki lisensi dan tidak lolos verifikasi untuk berlaga di kompetisi ini.

AYO BACA : Pelaku di Bawah Umur Pengeroyok Haringga Dituntut Penambahan Pasal Hukuman

Berita ini pun kini menjadi perbincangan para warganet di dunia maya, setelah akun Twitter @indotorino mencuitkan kabar ini.

“Sepak bola Indonesia diulas di salah satu koran nasional Italia. Tapi judulnya “Kekerasan dan Korupsi dalam Sepakbola Indonesia”. Pelatih Persib, Mario Gomez jadi narasumbernya,” begitu tulis @indotorino.

Warganet pun berbondong-bondong mengeluarkan komentarnya. Kebanyakan dari mereka setuju dengan isi berita dari Corriere dello Sport dan meminta FIFA untuk mengusut segala keganjilan yang ada di sepak bola Indonesia.

“PSSI akhirnya sampai juga ke media asing. Kalau keburukan pasti akan segera tercium. Tolong segera koreksi,” ujar akun @kurniaw1549251

Sebagian besar warganet juga memberikan dukungan kepada Mario Gomez yang tidak lelah memperjuangkan keadilan bagi tim Maung Bandung.

Good coach Gomez, yang vokal bersuara sampai terdengar ke media luar. Semoga ini jadi pembelajaran bagi PSSI agar tidak tebang pilih,” begitu komentar dari akun @choerudinnugraha09.

AYO BACA : Seluruh Pemain Persib Siap Tempur Lawan Madura United

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar