Yamaha NMax

Lukisan Banksy Senilai Rp21 Miliar Rusak Sendiri Setelah Dilelang

  Senin, 08 Oktober 2018   Nur Khansa Ranawati
Foto kejadian lukisan

AYO BACA : Ekspor Kopi Jabar Terdongkrak Dipicu Depresiasi Rupiah

AYO BACA : Dua Pengeroyok Haringga yang di Bawah Umur Digiring Ke Kejari Bandung

LONDON, AYOBANDUNG.COM -- Seniman jalanan asal Inggris, Banksy, membuat geger dunia ketika salah satu karyanya yang melegenda, Girl With Baloon, nampak menghancurkan dirinya sendiri pasca laku dilelang senilai US$1,4 juta atau setara Rp21 miliar, Sabtu (6/10/2018) atau Jumat malam waktu setempat.

Karya yang dibuat menggunakan spray paint di atas kanvas pada 2006 tersebut tiba-tiba merosot dari piguranya dan nampak terpotong-potong oleh mesin penghancur kertas.

Sebagaimana yang dilansir dari The New York Times, Senin (8/10/2018), Girl With Baloon dilelang di Sotheby's London sebagai karya terakhir yang ditawarkan pada gelaran Frieze Week, pameran dan pelelalangan karya-karya seni kontemporer.

Setelah dua orang peserta lelang saling tawar, palu akhirnya diketuk dan lukisan bergambar seorang gadis kecil melepas sebuah balon tersebut jatuh ke salah satu orang dengan nilai US$1,4 juta dollar.

"Dan kemudian kami mendengar alarm berbunyi. Semua orang melirik ke arah suara dan lukisannya telah keluar dari pigurannya," ungkap Kepala Investasi Seni di Fine Art Group London, Morgan Long, yang kala itu duduk di depan bangku pengunjung.

Lukisan yang terpajang di dinding dengan pigura berwarna emas tersebut terletak tidak jauh dari para straff pelelangan, dan nampaknya telah dikendalikan oleh remote contorol pada bagian dalam pigura.

Hal ini merupakan insiden penipuan pelelangan pertama yang dialami Sotheby's.

"Kita telah dikerjai Banksy. Jujur, ini adalah kali pertama kami mendapati hal seperti ini, sebuah lukisan tiba-tiba tercabik ketika hendak mencapai rekor bagi sang seniman," jelas kepala seni kontemporer Sotheby's Eropa, Alex Branczik.

Meskipun nama pelelang tidak diungkap ke publik, namun pihak Sotheby's berjanji akan menghubungi pemenang pelelang tersebut dan membicarakan kemungkinan ke depannya.

Banksy sendiri menunggah postingan video yang merekam kejadian tersebut di akun Instagramnya.

Ia menambahkan cuplikan video yang menjelaskan mengapa lukisan tersebut dapat merusak dirinya sendiri.

"Beberapa tahun lalu saya secara diam-diam menaruh pemotong kertas pada sebuah lukisan, untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu lukisan itu dilelang," ungkapnya pada cuplikan video tersebut.

"Going, going gone," tulisnya mendeskripsikan foto yang dari kejadian tersebut.

AYO BACA : Uncle Tetsu Rilis Menu Choco Cheese Cake

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar