Yamaha Mio S

Berkenalan dengan Cagar Budaya di Bandung

  Selasa, 02 Oktober 2018   
Heritage Walks 2018 Minggu 30 September.(Rulfhi Alimudin)

Seberapa besar kita mengenal Bandung? Apa hanya sebatas Jalan Braga atau kawasan Jalan RE Martadinata dan Jalan Dago yang dikenal karena wisata belanjanya.

Ternyata Bandung yang kita cintai ini memiliki potensi wisata cagar budaya yang luar biasa. Hampir 1.700-an cagar budaya terhampar di setiap sudut Kota Bandung. Dengan jumlah sebesar ini, bukan tidak mungkin Bandung bisa menjadi kota pusaka dunia.

Dalam rangka mengenalkan dan mengajak masyarakat Bandung untuk lebih peduli terhadap Cagar Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung menggandeng Komunitas Aleut mengadakan kegiatan Heritage Walks 2018. Kegiatan ini diadakan Minggu 30 September silam.

Kegiatan yang digelar tahun ini diikuti oleh 100 peserta, dengan pendaftaran dilakukan secara online. Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini sungguh luar biasa. Hanya dalam hitungan jam, slot peserta sudah penuh.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga. Para peserta dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok akan menempuh rute yang berbeda. Setiap rute tentunya akan melewati bangunan cagar budaya.

Bertempat di Museum Kota Bandung di Jalan Aceh yang sedang dalam persiapan untuk segera beroperasi, kegiatan ini dibuka langsung Kepala Disbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari.

“Bandung kini dikenal dengan 3A yakni angklung, art deco, dan Asia Afrika. Besar harapannya kegiatan ini dapat mengenalkan kekayaan cagar budaya kepada masyarakat, sehingga dapat bersama-sama menjaga dan melestariakannya,” katanya saat pembukaan.

Setiap kelompok didampingi pemandu dari Komunitas Aleut. Pemandu bertugas memberikan penceritaan dan wawasan terkait bangunan cagar budaya yang dilewati.

Hal ini tidak sekadar jalan-jalan, peserta diberikan pengetahuan bangunan cagar budaya. Tentunya dengan cara yang menyenangkan dan tak membosankan.

Selain itu, setiap peserta diberi tugas untuk mengambil foto dan mengunggahnya di Instagram masing-masing.

Beberapa bangunan cagar budaya yang dilewati sebenarnya sudah tidak asing, karena sering dilewati warga Bandung seperti Gedung Merdeka, De Majestic, Savoy Homann, Hotel Preanger, dan lainnya. 

Rulfhi Alimudin

Travelers

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar