Yamaha Mio S

Pemprov Jabar Donasikan Rp2 Miliar untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

  Senin, 01 Oktober 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Eneng Reni N Jamil/ayobandung).

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pemprov Jawabar telah menyiapkan donasi untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan, melalui upaya ini pihaknya siap mengirim berbagai bantuan untuk meringankan derita para korban. 

"Sudah disiapkan. Kemarin sudah dikirim berkarung-karung batuan. Selimut sampai pakaian. Kemudian, dari Pemprov Jabar ada Rp2 miliar sedang kita siapkan untuk bantuan ke sana," ungkap Ridwan di Gedung Sate, Senin (1/10/2018).

AYO BACA : Ridwan Kamil Ingin Tiru Program Mitigasi Bencana ala Jepang

Menurutnya, bantuan ini diharapkan bisa tepat sasaran dan langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh para korban. Bukan hanya itu, pihaknya juga sedang mempersiapkan berbagai kebutuhan prioritas yang diperlukan bagi warga yang terdampak.

"Kami sedang menunggu kebutuhan-kebutuhan apa saja yang mendesak. Jadi Rp2 miliar itu dalam bentuk barang. Setelah itu kita kirim ke tempat-tempat yang membutuhkan. Insyaallah bantuannya dalam seminggu ini," lanjut Emil.

AYO BACA : Rumah Zakat Salurkan 1.300 Paket Kurban untuk Korban Gempa Sulteng

Bukan hanya itu, secara pribadi Emil pun melakukan penggalangan dana via kitabisa.com. Dengan cara ini, Emil mengajak masyarakat ikut berdonasi untuk para korban. Caranya tinggal klik di sini.

"Secara pribadi saya sedang menggalang dana crowdfunding seperti biasa, di kitabisa.com. Kalau bantuan ini sifatnya lebih ke lintas wilayah. Tapi mudah-mudahan adanya kombinasi bantuan dari dana pemprov Rp2 miliar dan dari netizen itu setidaknya akan meringankan beban saudara kita di Palu dan Donggala," tuturnya.

Sementara itu. Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa menjelaskan anggaran Rp2 miliar itu berasal dari pos anggaran dana tidak terduga. Proses penyaluran bantuan ini nantinya melalui transfer. 

"Dana bantuan itu dari anggaran dana tidak terduga. Nantinya juga akan ada penggalangan dana," ujar Iwa.

AYO BACA : Ridwan Kamil Imbau Warga Salat Gaib untuk Korban Gempa Sulteng

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar