Yamaha Aerox

Kemelut di Manchester United: Mourinho atau Pogba yang Pergi?

  Senin, 01 Oktober 2018   
Logo Manchester United

Ruang ganti pemain Manchester United di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris sudah diperbarui. Bangku panjang terbuat dari kayu  disingkirkan, begitu pun penjepit pakaian pemain yang juga terbuat dari kayu.

Sebagai gantinya, kini  pemain masing duduk di bangku empuk yang bertuliskan namanya. Di belakangnya terdapat lemari pakaian yang pintunya terbuat dari cermin. Masing-masing pemain memperoleh pula TV monitor, papan peraga taktik dan jam penghitung detik-detik terakhir.

Di ruangan yang lumayan luas, juga terdapat tiga tempat tidur bagi pemain yang perlu dipijat. Tersedia buah-buahan dan minuman untuk menambah kalori.

Perbaikan fasilitas yang selesai pada awal minggu ketiga September, ternyata tidak membantu mengurangi ketegangan antara manajer Jose  Mario dos Santos Mourinho Felix (55) asal Portugal dengan para pemainnya.  

Ketidakharmonisan ini menimbulkan spekulasi Zinedine Yazid  Zidane  alias Zainuddin Zidan (46), warga negara Prancis keturunan Aljir, yang sebelumnya melatih Real Madrid, akan menggantikan Mourinho. Namun tersiar kabar,  Juventus juga ingin Zidane menggantikan CEO Beppe Marotta yang mendadak undur diri.

Kesebelasan Manchester United yang selama bertahun-tahun berada pada posisi puncak papan atas, sekarang   berada pada peringkat ke 10 Liga Inggris. MU tak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir.

Ditahan imbang Wolverhampton 1-1 di Liga Inggris, disingkirkan  Derby County dari Piala Liga Inggris. Kemudian kalah 1-3 dari West Ham United pada laga lanjutan Liga Inggris.

Dari tujuh pertandingan, MU baru mendapat tiga kemenangan sementara sisa laga yang akan dijalani tinggal enam.  Ia tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen, teman satu kota  Manchester City.

Tidak Harmonis

Kemerosotan ini disebabkan hubungan tidak harmonis antara pelatih dan pemain. Pelatih asal Portugal  menilai Paul Pogba, Nemanja Matic, Romelu Lukaku tidak memperlihatkan kinerja yang baik, hingga ia akan membeli sedikitnya lima pemain lagi.

Ketidaknyamanan bermula ketika Mourinho mencopot status Paul Pogba sebagai kapten kedua, karena dianggap gagal. Pogba, yang didukung sejumlah pemain senior, membantah dan berkilah seharusnya Mourinho yang bertanggung jawab atas kekalahan MU.

Gambaran di atas menunjukkan, perselisihan konflik di kamar ganti ternyata masih tetap ada meskipun kesejahteraan dan fasilitas dipenuhi. Memang  konflik itu alamiah dan wajar selama bisa dikendalikan serta  tercapai konsensus, prestasi akan lebih baik. Namun konflik meluas karena para pihak memuat kejengkelan mereka di instagram atau Twitter, seperti yang dilakukan Pogba.

Konflik antara pelatih dengan pemain, terutama para bintang , sering terjadi. Pelatih banyak menuntut sementara pemain top punya pemikiran sendiri apalagi bila sudah bertabur aneka penghargaan. Hanya sedikit pelatih yang berani seperti Sir Alexander Chapman Fergusson, dia lemparkan sepatu ke wajah David Robert Joseph Beckham, yang notabene pemain top MU.

Hubungan Pribadi

Hubungan sosial dan pribadi dalam kesebelasan sangat penting untuk membangkitkan produktivitas, kesehatan dan kesejahteraan, namun  di negara-negara maju riset tentang yang membahas konflik antar pribadi masih sangat sedikit. Hal itu mungkin disebabkan masing-masing kasus memiliki akar masalah yang berbeda yang tidak mudah digeneralisasi.

Biasanya perselisihan di kamar ganti diselesaikan dengan cara yang sederhana. Pelatih  atau  pemain yang meninggalkan klub walaupun masa kontrak belum habis dengan dalih menjaga keutuhan klub.

Sebetulnya jika mau pelatih bisa melakukan aksi  pecah belah di kalangan pemain. Aksi ini mencegah kekompakan dan terbukti ampuh digunakan di Istana-istana atau perusahaan.

Aksi ini membuat para bawahan lebih fokus mendekati atasan dan tak sempat untuk bersekongkol melawan atasan. Masalahnya apakah ia efektif diterapkan dalam pertandingan sepak bola?

Farid Khalidi

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar