Yamaha Aerox

Kelompok Kesundaan Siap Surati Presiden Terkait Kasus Calon Rektor Unpad

  Sabtu, 29 September 2018   Fathia Uqimul Haq
Para sesepuh dan alumni Unpad dari beberapa kelompok kesundaan berembug untuk membahas calon rektor yang diduga melakukan kekerasan dalam rumah tangga, Jumat (28/9/2018) di Gedung Indonesia Menggugat. (Fathia Uqimul Haq/ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah kelompok kesundaan yaitu Gempungan Senior alumni Unpad, Kabuyutan Gegerkalong, Jaga Lembur, dan lain-lain akan mengirim surat kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Presiden Jokowi terkait kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) salah satu calon rektor Unpad.

Salah satu gempungan senior alumni Unpad, Dindin Maulani akan mendorong dan meminta pertanggungjawaban Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad karena meloloskan calon rektor Unpad Obsatar Sinaga.

"Nanti tim investigasi menggali apakah perdamaian yang dilakukan Erna dan mantan suaminya ada paksaan atau tidak. Kalau perdamaiannya ternyata tidak adil dan enggak beres, proses bisa dilanjut," katanya, Jumat (28/9/2018) usai perembukan sesepuh Jabar, alumni Unpad, dan sejumlah kelompok kesundaan di Gedung Indonesia Menggugat.y

Ada yang mengatakan, lanjut Didin, kertas gugatan sudah kedaluwarsa. Tujuan melanjutkan penyidikan ini masih ada peluang pembuktian meski kasusnya sudah lama. Bukti, saksi, dan Ena sebagai pengadu dapat menjadi bukti. 

AYO BACA : Sesepuh Alumni Unpad Kecam MWA Loloskan Calon Rektor Bermasalah

"Kita ingin memperkuat lagi permohonan Erna ke Jokowi karena Erna duluan yang sudah membuat surat ke presiden. Kita dukung," ujarnya.

Menurutnya, para sesepuh ingin dibentuk tim investigasi independen, bukan dari MWA, untuk melacak kebenaran rekam jejak salah satu calon rektor yang diduga melakukan penganiayaan terhadap mantan istrinya.

"Selanjutnya jika bisa kembali ke ranah hukum, itu sudah hak Erna," jelasnya.

Dorongan ini dipicu dari rasa kepemilikan Unpad sebagai institusi pendidikan yang didirikan oleh sesepuh Sunda yaitu Raden Ema Bratakusumah. Dia dikenal sebagai tokoh Sunda dan pejuang pergerakan nasional di Jawa Barat pada masanya. Para tokoh sunda perempuan pun memiliki andil mendirikan bangunan pertama di kampus Unpad.

AYO BACA : Unpad Tak Mempermasalahkan Calon Rektor dari MWA

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar